Social Media
Google+ Load...
Facebook Load...

15 Fotografer paling terkenal di dunia

Top 15 Photographer#13

Sahabat BP, ternyata untuk menjadi seorang fotografer/photographer terkenal dan dilihat dunia, tidak hanya dari sekedar lamanya pengalaman dan profesionalisme-nya saja. Namun justru yang sangat menentukan adalah hasil karya fotonya itu sendiri. Seberapa besar nilai karya fotonya dari berbagai segi akan sangat dinilai dan dilihat dunia.
Secara umum fotografer terkenal tingkat dunia sangat low profile dan enggan menampakan wajah mereka kedepan publik hingga terkesan misterius. Keahlian mereka dalam mengambil momen dan objek foto yang aneh/ganjil, kejadian alam yang menakjubkan dan berlangsung sangat singkat sangat mereka kuasai. Kadang mereka cukup mencantumkan huruf “A” saja pada karya foto mereka. Bagi mereka berlaku istilah/slogan “Sebuah foto berbicara ribuan kata-kata

Berikut ini akan kami tampilkan ke 15 fotografer yang sangat terkenal itu yang kini telah menjadi legenda di dunia, sebagai berikut :

1. Robert Capa

Top 15 Photographer#1

Robert Capa terlahir sebagai Endre Ernö Friedmann (22 Oktober 1913 – 25 Mei 1954). Pada awalnya Capa bercita-cita ingin menjadi seorang penulis, namun di Berlin justru Capa mendapatkan pekerjaan dibidang seni fotografi yang sangat ia cintai hingga akhir hayatnya. Ketika muncul Nazisme pada tahun 1933 terpaksa Capa harus meninggalkan Jerman dan menetap di Perancis. Karya foto pertama Capa adalah foto Leon Trotsky saat sedang berpidato pada “The Meaning of the Russian Revolution” di Kopenhagen pada tahun 1932. Dan karya foto itulah yang membuat Capa menjadi salah satu fotografer paling terkenal di dunia.

2. Carol Guzy

Top 15 Photographer#2

Carol Guzy yang lahir pada tahun 1956 adalah merupakan seorang fotografer pemenang “Pulitzer Prize” dan seorang Jurnalis Amerika yang paling terkenal sepanjang masa. Dalam memotret, Guzy lebih fokus pada feeling shot ketimbang hasil fotonya. Melalui lensa kameranya, Guzy telah menelusuri sudut-sudut tergelap dari eksistensi/keberadaan manusia dan berharap dapat memberikan pemahaman diantara orang-orang di seluruh bagian dunia. Selama bertahun-tahun ia telah membuat dunia melihat tentang para pengungsi di Kosovo, kelaparan di Ethiopia, kerusuhan sipil di Haiti, jatuhnya Tembok Berlin dan tragedi Badai Andrew di selatan pantai Florida.

3. James Nachtwey

Top 15 Photographer#3

James Natchwey lahir pada tahun 1948 di Syracuse. Natchwey terjun ke dunia photography akibat pengaruh dari “Citra Perang Vietnam dan Gerakan Hak Sipil Amerika“. Pada tahun 1976 ia mulai memotret untuk sebuah surat kabar kecil di New Mexico. Dia mendokumentasikan berbagai konflik bersenjata dan issue-issue sosial. Dia telah mengelilingi Afrika Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, Rusia, Eropa Timur, Uni Soviet, Eropa Barat dan Amerika Serikat, guna memotret berbagai aktivitas dan sosial-politik. Dia melakukan serangkaian foto dari serangan 11 September dan juga ketika tentara Amerika Serikat pergi berperang ke Irak. Dia terluka di Irak akibat sebuah bom meledak di kendaraan yang ia tumpanginya. Setelah ia pulih ia pun pergi ke Asia untuk melakukan serangkaian pemoteratan luar biasa pada kejadian bencana Tsunami 26 Desember 2004 yang lalu. Natchwey telah dikontrak kerja untuk majalah Time sejak tahun 1984 selain juga anggota dari sebuah organisasi photography founding member of the photo agency VII.

4. Steve McCurry

Top 15 Photographer#4

Steve McCurry yang lahir pada tanggal 23 April 1950 adalah seorang wartawan foto Amerika. McCurry mulai mempelajari Film sinematografi sejarah dan pembuatan film di Penn State pada tahun 1968, tetapi akhirnya mendapatkan gelar di bidang seni teater dan lulus cum laude pada tahun 1974. Ia menjadi sangat tertarik pada fotografi ketika ia mulai memotret untuk koran Penn State yang benama The Collegian. Steve McCurry memotret seorang gadis Afghanistan berusia 12 tahun yang pada akhirnya foto tersebut menjadi begitu terkenal pada tahun 1985 dan diberi nama “The Girl Afghanistan“. Akhirnya majalah National Geographic mencetak foto tersebut sebagai sampul majalahnya.

5. Dorothea Lange

Top 15 Photographer#5

Dorothea Lange lahir di Hoboken, New Jersey, pada tahun 1895 dan belajar fotografi di New York City sebelum Perang Dunia Pertama. Pada tahun 1919, ia pindah ke San Francisco, di mana dia mencari nafkah sebagai seorang fotografer selama lebih dari satu dekade. Dibawah dampak depresi berat selama tahun-tahun awal kepindahannya, minat Lange pada issue-issue sosial mulai tumbuh dan ia mulai memotret ketika kejadian perebutan kota San Francisco. Di tahun 1934 sebuah pameran foto memperkenalkan Lange pada Paul Taylor seorang profesor ekonomi di University of California di Berkeley dan pada Februari 1935 kedua pasangan ini bersama-sama mendokumentasikan pekerja pertanian migran di Nipomo dan Imperial Valley untuk sebuah organisasi yang bernama “the California State Emergency Relief Administration“. Hal itulah yang menyebabkan Lange menjadi salah satu fotografer terkenal di dunia.

6. Henri Cartier-Bresson

Top 15 Photographer#6

Lahir di Chanteloup, Seine-et-Marne, Henri Cartier-Bresson mengembangkan daya tariknya yang kuat melalui lukisan beraliran Surealisme. Pada tahun 1932, setelah menghabiskan waktu selama satu tahun di Pantai Gading, ia menemukan kamera Leica yang sesuai dengan pilihan akhirnya dan memulai bergairah pada dunia fotografi untuk selama-lamanya. Pada tahun 1933 ia melakukan pameran pertamanya di Julien Levy Galeri di New York. Dia kemudian membuat film bersama Jean Renoir. Dia pun merupakan seorang pengadopsi awal format 35mm dan master fotografi candid. Dia membantu mengembangkan gaya/style “fotografi jalanan” atau “reportase kehidupan nyata” yang telah mempengaruhi fotografer generasi pengikutnya.

7. Frank Fournier

Top 15 Photographer#7

Frank Fournier yang lahir pada tahun 1948 di Saint-Sever, Perancis adalah putra seorang ahli bedah. Ia melakukan penelitian medis selama 4 tahun penuh sebelum memulai karirnya dalam dunia fotografi pada tahun 1975 di New York City. Dia untuk pertama kalinya bergabung dengan staf kantor Contact Press Images pada tahun 1977 sebagai seorang fotografer pada tahun 1982. Fournier adalah pemenang foto “The agony of Omayra Sanchez”. Pada saat foto yang sekarang terkenal itu diambil, dunia sudah terpana pada tragedi tersebut. Omayra adalah salah satu korban di tengah kontroversi terkait alih tanggung jawab atas bencana. Begitu foto itu dirilis, langsung menarik perhatian dunia. Menurut seorang penulis BBC yang tak mau disebutkan namanya, “Banyak orang yang akan terpana menyaksikan begitu menharukannya apa yang terjadi menjelang beberapa jam terakhir dari kehidupan Omayra“. Dan akhirnya Fournier pun dinyatakan sebagai salah satu fotografer yang paling terkenal di dunia.

8. Walker Evans

Top 15 Photographer#8

Walker Evens lahir pada tanggal 3 November 1903 di St Louis, Missouri. Dia bekerja pada Farm Security Administration dan seperti halnya Dorothea, Evens pun mendomumentasikan dampak-dampak dari masa Depresi berat di AS. Tidak hanya itu, ia pun fokus pada lanskap dan arsitektur di sekelilingnya. Dia memotret kejadian di Kuba selama pemberontakan melawan diktator Machado. Ia pun mempublikasikan “Biarkan Kami Memuji Pria Terkenal yang mencakup karyanya dari dokumentasi Depresi Berat dan karya lainnya“. Karya-karya fotonya seperti milik Dorothea menjadi Ikon dari “Depresi-Era kesengsaraan dan kemiskinan“. Setelah melakukan pekerjaan tersebut dia pun bekerja pada sebuah modernis abstrak dengan menggunakan alat-alat dari foto hitam-putih dan warna untuk menutupi issue sosio-politik dan ide-ide artistik konseptual. Dia juga paling terkenal karena karyanya bersama James Agee dalam mengamati bagi hasil keluarga miskin di bagian selatan selama masa Depresi Berat. Rasa sakit dan intrusi begitu jelas di wajah mereka, kebanggaan dan penghinaan yang ditunjukkan sepenuhnya kepada dunia luar.

9. Malcolm Browne

Top 15 Photographer#9

Malcolm Browne dilahirkan pada tahun 1933 dan dibesarkan di New York City. Ibunya adalah seorang peracik obat-obatan yang sangat teguh mempertahankan pendapatnya tentang anti peperangan dan ayahnya adalah seorang arsitek. Browne masuk Seminary Friends, sebuah sekolah Peracik/Quacker di Manhattan mulai dari TK sampai kelas dua belas. Ia masuk ke sebuah perguruan tinggi Peracik/Quacker di Pennsylvania dan belajar kimia. Browne pun merupakan seorang pemenang Pulitzer Prize-winning American journalist and photographer. Karya terbaiknya yang diketahui adalah foto pemenang penghargaan dari “the self-immolation of Buddhist monkThích Qu?ng Ð?c” pada tahun 1963.

10. Murray Becker

Top 15 Photographer#10

Murray Becker adalah seorang fotografer Associated Press dimana karya fotonya Burning Airship Hindenburg dan Weeping Lou Gehrig adalah merupakan salah satu karyanya yang paling terkenal dalam dunia jurnalistik. Ia pensiun pada tahun 1972 dan meninggal karena kanker (pada hari Selasa?) di rumahnya di North Miami Beach, Florida di usianya yang ke 77 tahun. Selama 32 tahun dari 43 tahun kerjasamanya dengan The AP, Becker menjadi manager pada bagian kantor berita dan pengambilan foto serta sebagai kepala bagian fotografer. foto tragedi pesawat Hindenburg 6 Mei 1937 yang di-klaim-nya, di Lakehurst, NJ, adalah serangkaian 15 pemotretan, dari momen dimulainya api menyala hingga momen penyelamatan korban. Ketika semuanya berakhir dan filmnya sedang dibawa ke Newark untuk diproses, Becker pun duduk dan menangis.

11. Kevin Carter

Top 15 Photographer#11

Kevin Carter (1961-1994) merupakan seorang pemenang South Africa Pulitzer Prize. Dan setelah menjadi pemenang, ia menghabiskan waktunya selama berbulan-bulan sendirian untuk membuat fitur fotografi kelaparan di Sudan yang sangat mengerikan. Carter adalah seorang fotografer freelance pada Reuter and Sygma Photo NY and former PixEditor of the Mail & Gaurdian dan mendedikasikan karirnya untuk meliput konflik yang sedang berlangsung di Afrika Selatan tempat asalnya. Dia mendapat kehormatan tertinggi dari the prestigious Ilford Photo Press Awards untuk beberapa kesempatan termasuk foto Berita Tahun 1993.

12. Helen Levitt

Top 15 Photographer#12

Helen Levitt Lahir Pada 1945/46. Salah satu tokoh yang paling penting dalam fotografi kontemporer adalah the New Yorker Helen Levitt. Selama lebih dari 60 tahun masa tenangnya, foto-foto puitis yang dibuatnya di jalan-jalan kota dimana dia tinggal selama hampir sebagian besar hidupnya telah menginspirasi dan membuat kagum para fotografer generasi muda, mahasiswa, kolektor, kurator dan pecinta seni pada umumnya. Selama karirnya yang panjang, foto-foto karya Helen Levitt secara konsisten mencerminkan visi puitis nya, humor dan sangat jujur dalam melukiskan obyek-obyeknya baik pria, wanita dan anak-anak yang tinggal di jalan-jalan diantara rumah-rumah petak di New York.
Helen memotret dan mengedit sebuah film yang berjudul In the Street bersama Janice Loeb dan James Agee dan memperkenalkan sebuah moving portrait dari still photography-nya. Pameran besar pertamanya ia lakukan di Museum of Modern Art pada tahun 1943 dan pameran tunggal keduanya hanya pekerjaan warna saja, yang diselenggarakan di tempat yang sama pada tahun 1974. Retrospektif besar dari karyanya telah diadakan di beberapa museum. Pertama pada tahun 1991, bersama-sama di San Francisco Museum of Modern Art dan di Metropolitan Museum of Art di New York, pada tahun 1997 di the International Center for Photography di New York dan pada tahun 2001 di the Centre National la Photography di Paris.

13. Philippe Halsman

Top 15 Photographer#13

Philippe Halsman (1906-1979) lahir di Riga, Latvia. Dia belajar teknik di Dresden sebelum pindah ke Paris, di mana ia mendirikan studio fotografi-nya pada tahun 1932. Ketegasan dan gaya spontan Halsman mandatangkan banyak pengagum. Kara-karya fotonya tentang aktor dan para penulis bermunculan di sampul-sampul buku dan majalah (salah satu karya fotonya adalah foto diri ilmuwan terkenal Albert Einstein), ia bekerja dengan fashion (terutama desain topi) dan membuat pemesanan untuk klien pribadi. Pada 1936, Halsman dikenal sebagai salah satu fotografer potret terbaik di Prancis.
Dari 1940-an hingga 1970-an, foto-foto gemerlap karya Halsman tentang selebriti, intelektual dan politisi bermunculan di sampul dan halaman penuh majalah, termasuk Look, Esquire, the Saturday Evening Post, Paris Match dan especially Life. Karyanya juga bermunculan dalam iklan dan publisitas untuk klien seperti Elizabeth Arden cosmetics, NBC, Simon & Schuster dan Ford.

14. Charles O’Rear

Top 15 Photographer#14

Charles O’Rear yang lahir pada tahun 1941 adalah seorang fotografer Amerika yang terkenal karena foto-fotonya tentang negara produsen anggur dan sebuah foto yang berjudul Bliss yang digunakan sebagai wallpaper standar pada Windows XP.
Selama tahun 1970-an, ia memberikan kontribusi kepada Environmental Protection Agency’s DOCUMERICA project. O’Rear bekerja pada National Geographic Magazine selama lebih dari 25 tahun. Dia mulai fokus pada pembuatan minuman anggur di tahun 1978 saat bertugas memotret Lembah Napa. Setelah itu, ia pun pindah ke Lembah Napa dan mulai memotret produksi anggur di seluruh dunia. Saat ini, O’Rear telah menyediakan foto untuk tujuh buku anggur.

15. Roger Fenton

Top 15 Photographer#15

Roger Fenton (28 Maret 1819 – 8 Agustus 1869) adalah seorang perintis fotografer Inggris, ia merupakan salah satu fotografer perang yang pertama. Ia sangat dikenal karena liputannya tentang Perang Krimea, namun sangat disayangkan karena Fenton hanya mengambil sebagian kecil dari output di daerah lain, terutama fotografi lanskap, dan juga agak mengaburkan bagian utama dalam menampilkan fotografi pada umumnya.
 
Perang Krimea (1853-1956) adalah salah satu dari banyak perang antara Rusia dan Turki yang melibatkan Inggris dan Perancis. William Russell, seorang jurnalis yang bekerja untuk The Times, dan salah satu koresponden perang pertama, mulai mengirim serangkaian laporan/catatan yang mengganggu jalannya perang ini terutama kondisi di mana pasukan Inggris sedang bertempur. Kurang dari 20% dari kematian pada pasukan adalah karena luka perang, sebagian besar disebabkan oleh penyakit dan dingin. Ketika Russell mulai melaporkan kekurangan fasilitas medis dan fakta bahwa tentara Inggris tidak memiliki seragam musim dingin dan banyak yang sekarat karena kedinginan hingga perasaan kecewa atas penanganan pemerintah terhadap perang pun mulai meningkat.

Demikian, semoga bermanfaat.
 
Sumber : Trip Wire Magazine

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

37 Responses to 15 Fotografer paling terkenal di dunia ▼

  • Semoga saja makin banyak orang Indonesia yang jadi fotografer terkenal. Karena dunia fotografi menarik untuk ditekuni.


    • Avatar Image
      Admin

      Betul mas Dody, terima kasih kunjungangan dan suportnya.Salam sukses selalu 🙂


  • pingin deh bisa motret seperti orang orang hebat di atas


    • Avatar Image
      Admin

      Hehehe.., priphun khabare Sam Rohmad !?
      Sam Rohmad pasti bisa deh untuk seperti orang2 hebat diatas itu 😀
      Terima kasih kunjungan dan suportnya mas. Salam sukses selalu 🙂


  • amazing pokonamah kang 😀


  • selamat pagi selamat beraktivitas ms boby


    • Avatar Image
      Admin

      Thanks mas Cahyo, sukses selalu yaa 😀


  • Memang orang2 terdahulu itu hade lah, meskipun keterbatasan yg begitu kuat namun keinginan merekapun semakin kuat.. sip lah.. 🙂 🙂


    • Avatar Image
      Admin

      Satuju kang Edi, justru dengan keterbatasan akan menghasilkan hal-hal yang lebih sempurna dari yang berkelebihan 😀
      Hatur nuhun kasumpingan sareng suportna, wilujeng boboran siyam kang, hapunten samudaya kalepatan zahir kalayan batin 🙂


  • Avatar Image
    Zulham Efendi

    kalau saya perhatikan hampir sebagian besar forografer tersebut hidup di suasana konflik dan kalau menurut saya suasana konflik tersebut biasa lahir karya foto yang cemerlang, terutama foto2 perang itu


    • Avatar Image
      Admin

      Betul mas Zulham, karena suasana konflik itulah mereka banyak menghasilkan karya-karya photo yang bersifat unik, historik dan pasti hanya satu-satunya 😀
      Terima kasih kunjungan dan supportnya mas, salam sukses selalu 🙂


  • itu yang hasil foto dari charles o’rear yang menjadi foto untuk tampilan windows ya mas 🙂


    • Avatar Image
      Admin

      Betul mas Bud, tepatnya menjadi standard wallpaper window xp mas 😀


      • iya …baru ngeh saya mas hehehe 🙂


  • orang2 yang hebat
    patut ditiru keahliannya


    • Avatar Image
      Admin

      100% agree mas Dokter, Terima kasih kunjungan dan supportnya. Salam sukses selalu mas 😀


      • kalo saya dua ratus persen hehehe


  • semoga swaktu saat potographer dari indonesia nyusul ya mas ^^


    • Avatar Image
      Admin

      Amiin.., mudah2an.., mudah2an mas Budi. Terima kasih support-nya 😀


      • sip mas 🙂


  • sudah lama tidak berkunjung kemari, apa kabar?


    • Avatar Image
      Admin

      Khabar baik sob, semoga sobat Riri sukses selalu 😀


  • Sokat tudnak, remek fotósok,


    • Avatar Image
      Admin

      Köszönöm szépen a kedves látogatást, és támogatja a kedves barátom 😀


  • Avatar Image
    Dary SEO

    wow keren keren fotonya gan jiwa seninya pasti tinggi tuh yg motret


    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih mas Dary kunjungan & supportnya. Salam sukses selalu sahabat 😀


      • Avatar Image
        Dary SEO

        hehe iya mas boby sama sama, salam sukses selalu 🙂


  • saya sepakat dg pandangannya dari mas Bob…
    karena lewat foto banyak makna dan kata… untuk di sampaikan kepada yg melihatnya ya mas 🙂


  • Dari nama-nama yang diatas itu yang paling saya suka adalah Helen Levitt..hahahyy.


    • Avatar Image
      Admin

      Hahahahyyy…, apa khabar bang Icah. 😀
      Helen memang fotografer dengan visi puitis, cocok sekali dengan bang Icah yang juga seniman musik hehe.. 🙂
      Thanks kunjungan dan supportnya bang. Salam sukses selalu 😀


      • visi puitis? mantapp ituuh


  • Tak kira itu tadi Albert Einstein yg jadi fotografer terkenal, eh ternyata malah yg motoin Albert Einstein-nya 😀


    • Avatar Image
      Admin

      Abisnya ga dibaca dulu sih…!, pengin buru-buru komen yaa.. hehe 😀


  • wwwah nama kita berdua mana, masbob? 😀


    • Avatar Image
      Admin

      Hwoalaah saya kok sampai lupa tuh dhek Ish.. hehe 🙄
      Nanti deh di episode berikutnya saya pasang nama kita berdua yaa… 😀


      • Hahhay, *hurray!!
        BTW, masbob.. di antara sekian banyak kode chapta, yang paling bikin pinter itu punyanya masbob loh.. *manttap


Recent Posts

Kamera DSLR paling aneh dan unik di dunia

Kamera DSLR paling aneh dan unik di duniaBerbagai inovasi pada kamera digital terus-menerus dilakukan oleh berbagai kalangan, baik yang dilakukan oleh ... Selengkapnya

Tips fotografi keluarga

Tips fotografi keluargaBiasanya keadaan paling sulit yang dirasakan seorang fotografer, adalah ketika ia diminta untuk melakukan ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2016

10 Kamera ponsel terbaik 2016Kembali kami meng-update artikel tentang Kamera Ponsel yang masuk dalam kategori terbaik untuk tahun ... Selengkapnya

UV Filter lensa kamera DSLR

UV Filter lensa kamera DSLRSering timbul pertanyaan diantara pehobi fotografi, terutama pehobi fotografi pemula, apakah lensa kamera DSLR ... Selengkapnya

7 Latihan fotografi praktis sehari-hari

7 Latihan fotografi praktis sehari-hariPepatah mengatakan, "Bisa karena biasa" atau kata istilah orang kulon "Practice makes more perfect" ... Selengkapnya

Kereta Merdeka atau Mati

Kereta Merdeka atau MatiPada jaman perjuangan fisik melawan para penjajah negri tercinta ini, dikenal sebuah sebutan Kereta ... Selengkapnya

15 Drone murah untuk pemula

15 Drone murah untuk pemuladunia fotografi dan videografi saat ini tengah menggandrungi sebuah alat bantu baru super canggih ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2Berbagai inovasi tak henti-hentinya dilakukan oleh berbagai produsen ponsel / hp / smartphone untuk ... Selengkapnya

Kamera kompak-saku terbaik 2015

Kamera kompak-saku terbaik 2015Kamera kompak-saku (compact-pocket camera) memang merupakan kamera yang serbaguna, ringan dan praktis untuk digunakan ... Selengkapnya

Jakarta di waktu malam

Jakarta di waktu malamPada kesempatan kali ini saya mencoba menampilkan karya foto yang sedikit berbeda dalam pengambilannya. ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015

10 Kamera ponsel terbaik 2015Sahabat BP. Berbagai jenis dan merk ponsel / hp / smartphone yang dilengkapi dengan ... Selengkapnya

10 fotografer terkaya di dunia

10 fotografer terkaya di duniaSahabat BP yang berbahagia. Dalam rangka menjelang detik-detik menyambut Tahun Baru 2015, kami hadirkan ... Selengkapnya