Social Media

Teknik dasar Pemotretan Bag. 1

Trilogy Pemotretan

Oleh : Tigor Lubis

images2x

Dalam proses pembuatan sebuah gambar/foto, kita dikenalkan dengan 3 (tiga) unsur utama teknik pemotretan/fotografi yang sering disebut juga dengan Trilogy Pemotretan yaitu ISO, Aperture dan Shutter Speed. Lalu apa kegunaan dan hubungan ke 3 unsur tersebut? Marilah kita mulai dengan kegunaannya.

ISO

Seperti sudah kita ketahui ISO adalah sebuah kepekaan sensor kamera dalam menangkap partikel cahaya. Semakin tinggi angka ISO maka semakin peka sensor menangkap cahaya, yang juga berarti waktu yang di butuhkan sensor untuk menangkap partikel cahaya singkat. Dan sebaliknya semakin kecil angka ISO maka semakin tidak peka sensor dalam menangkap cahaya, yang berarti juga semakin lama waktu yang di butuhkan sensor untuk menangkap cahaya.

Namun selain waktu, ada hal lain yang terkena dampak dari perbedaan ISO ini yaitu kontras yang berbeda. Dimana pada ISO rendah bisa kita lihat kontras yang begitu lembut sementara pada ISO tinggi dapat kita lihat kontras yang tinggi.

Nah cerita tentang kontras ini bisa kita ilustrasikan dengan anak tangga dimana kita akan berjalan dari lantai gelap ke lantai terang, seperti pada gambar dibawah ini.

Pic001

Pada tangga ISO rendah memiliki banyak anak tangga sementara pada ISO tinggi memiliki sedikit anak tangga. Bila setiap anak tangga mewakili tingkat gradasi maka pada ISO rendah kita akan melalui gradasi yang lebih banyak dari pada ISO tinggi. Selanjutnya gradasi inilah yang biasa kita sebut dengan kontras dimana pada ISO rendah kita akan berhadapan dengan anak tangga gradasi yang banyak dan selanjutnya disebut dengan kontras rendah. Tentunya karena anak tangga yang banyak, maka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lantai terang akan lebih lama. Dan sebaliknya pada ISO tinggi kita akan menemukan sedikit anak tangga gradasi yang selanjutnya disebut dengan kontras tinggi. Tentunya karena anak tangga yang sedikit maka waktu yang di butuhkan akan lebih singkat.

Bila kita sadari, sebuah photo terdiri dari titik2 kecil dimana titik2 inilah yang mewakili tingkat gradasi. Kembali pada cerita anak tangga ini maka anak tangga adalah gambaran titik2 ini. Itulah sebabnya pada ISO tinggi sering terlihat titik yang biasa kita sebut grain kasar. Sementara pada ISO rendah tidak terlihat dan biasa kita sebut grain halus atau sebutan lainnya adalah lembut. 

Pic002

Ada kecenderungan beberapa orang pada saat melihat kedua photo diatas tanpa pembesaran akan mengatakan pada ISO tinggi terlihat lebih tajam. Yang terjadi sebenarnya adalah karena kontras yang tinggi ini menyebabkan batas yang tegas. Namun setelah di perbesar dimana grain akan muncul dan mulailah orang berkata bahwa photonya pecah. Cukup menggelikan mendengar ungkapan ini karena bukankah sebuah photo diperbesar agar kita melihatnya dari jauh? Dan ketika kita melihat photo tersebut dari jauh, apakah grainnya masih akan terlihat???? Apakah photo tersebut masih akan terlihat pecah????

Aperture

Biasanya orang suka membagi aperture ini dengan bokeh. Walaupun tidak salah sepenuhnya, namun tidaklah semua benar juga. Karena aperture ini akan membagi ruang lingkup dari apa yang akan kita ceritakan dalam photo kita, atau bisa juga kita sebut sebagai dimensi ruang.

Aperture sendiri adalah bilah dalam lensa yang bisa membesar dan mengecil. Gerakan ini di wakili oleh angka2 dimana semakin besar angkanya maka semakin kecil bukaannya. Dan sebaliknya, semakin kecil angkanya semakin besar bukaannya.  Pada bukaan besar ruang tajam yang dapat kita tangkap akan dangkal, sementara pada bukaan kecil ruang tajam yang kita tangkap akan dalam. Jadi disini kita bisa tentang dalam dan dangkalnya ruang tajam. Ketika kita bicara soal dalam dan dangkal maka ada jarak yang terkait. Jarak yang kita bicarakan adalah jarak sensor ke objek. Maka ruang yang akan dipengaruhi adalah ruang objek tsb. Bukan ruang di antara objek dan lensa, namun ruang di sekitar objek.  Untuk lebih jelasnya, lihat gambar buku di bawah ini

Pic003

 photo 1                                                                                         photo 2

Pada photo 1 yang menggunakan aperture bukaan besar terlihat pada bagian bawa dan atas buku, tulisan tidak terbaca. Sementara pada photo 2 huruf pada bagian bawah serta atas buku dapat terbaca dengan jelas. Kita asumsikan bahwa titik focus objek berada di tengah photo, maka jelas pada kedua contoh photo diatas bahwa perubahan ruang tajam terjadi pada titik focus, bukan pada antara lensa dan objek.

Selanjutnya peran aperture bisa kita ilustrasikan aperture ini dengan jumlah langkah yang kita ambil saat berjalan. Semakin banyak langkah yang kita ambil maka semakin jauh jarak yang capai. Dalam hal ini jauhnya jarak yang kita tempuh dapat kita ilustrasikan dengan banyaknya hal yang bisa kita lihat. Namun sebaliknya, dimana semakin sedikit langkah yang kita ambil, maka semakin pendek jarak yang kita tempuh maka semakin sedikit pula hal yang kita lihat. Dalam hal ini, kita ambil contoh gambar di bawah ini.

Pic004

photo 3                                               photo 4

Kedua photo ini memiliki titik focus pada merk meja. Terlepas dari photo ini salah atau benar, photo 3 yang menggunakan bukaan besar (angka kecil). Maka yang terjadi adalah ruang lingkup atau dimensi ketajaman gambar hanya pada satu lapis saja. Disini lingkungan atau latar belakang sama sekali tidak bercerita. Dapat kita katakan bahwa cerita pada photo ini dibatasi pada merk meja tsb. Sementara elemen hanya bertindak sebagai pelengkap yang tidak punya tugas apapun. Namun pada photo 4 yang menggunakan bukaan yang lebih kecil (angka besar) ruang lingkup atau dimensi ketajaman gambar berlapis-lapis. Bisa kita katakan bahwa cerita pada photo ini tersusun lengkap. Mulai dari bab pembuka, isi, inti cerita hingga penutup ada semua. Disini terlihat bahwa meja tersebut terletak di luar rumah dan merupakan bagian atau elemen dari sebuah halaman. Hal ini tidak kita dapatkan pada photo pertama.

Pada beberapa kamera dilengkapi dengan tombol yang dapat melihat kedalaman ruang tajam. Jadi tergantung pada apa cerita yang akan anda angkat, maka disana ada sejauh mana ruang lingkup yang anda akan capai. Maka kemudian keluarlah kebutuhan angka aperture tsb.

Shutter Speed

Perjalanan cahaya hingga menjadi image akan berakhir di sensor kamera. Saat merekam cahaya, sensor akan membutuhkan sejumlah waktu. Sebuah jendela akan terbuka saat anda menekan tombol shutter dan sesaat kemudian jendela tersebut akan menutup kembali menghambat cahaya menuju sensor. Jendela ini kemudian terhubung dengan sebuah timer yang dapat kita tentukan. Inilah yang disebut sebagai Shutter Speed atau biasa kita sebut dengan kecepatan rendah ataupun kecepatan tinggi. Seringkali orang  mengartikan kecepatan ini dengan menghentikan benda bergerak ataupun menggerak sebuah benda. Walaupun tidak salah namun juga tidak semua benar. Sebagai contoh perhatikan gambar berikut:

Pic005

photo 5                                                                  photo 6

Pada photo 5 dengan kecepatan tinggi terlihat mobil seperti berhenti tidak berjalan sementara pada photo 6 dengan kecepatan rendah terlihat mobil bergerak. Kondisi inilah yang akan kita temui dalam shutter speed atau kecepatan. Lalu apa makna dari shutter speed itu sendiri? Selanjutnya bisa kita lihat pada photo 7 di bawah:

Pic006

   photo 7

Memotret kesibukan dalam sebuah pit adalah suatu keasyikan tersendiri bagi para penggila automotive. Disini photo yang diambil dengan kecepatan tingg terlihat tajam dengan detail yang luar biasa. Namun semua dalam keadaan diam (atau freeze). Tidak ada yang salah pada gambar ini,hanya saja bila kita melihat dari sudut pandang kesibukan sebuah pit stop maka gambar ini terlihat kurang sempurna. Karena gambar diatas ini terlihat mati. Selanjutnya kita lihat photo 8 dibawah ini:

Pic007

photo 8

Pada photo 8 terlihat beberapa orang sibuk berlarian. photo ini diambil dengan kecepatan yang lebih rendah dari pada photo 7. Detail tidak terlalu nampak memang, tapi kesibukan dalam pit stop ini terangkat. Jiwa dari kesibukan dalam pit stop ini terangkat dari gambaran beberapa orang yang berlarian (blur).

Disini dapat kita simpulkan bahwa shutter speed berfungsi untuk memberikan jiwa ataupun kehidupan pada gambar. Sebagai tambahan, lihat photo berikut:

Pic008

photo 9

Untuk memperkuat kesibukan ini, bisa saja kita tambahkan dengan efek-efek lain seperti panning atau zooming seperti pada photo 5 diatas tentunya dalam kecepatan rendah.

Penggabungan ke tiga unsur diatas

Setelah kita mengetahui dasar dari ketiga unsure diatas maka selanjutnya adalah bagaimana cara kita menggabungkan ke tiga unsur atau yang lebih dikenal dengan nama trilogy pemotretan tersebut diatas. Untuk sebuah pemotretan, alangkah baiknya bila kita mengetahui apa yang akan kita photo sebelumnya atau ini biasa disebut sebagai konsep. Jangan takut dengan nama konsep ini dulu. Karena konsep disini sebenarnya bukanlah sesuatu yang rumit. Justru sebaiknya konsep yang kita harus kita persiapkan sesederhana mungkin. Paling tidak kita sudah mengetahui apa yang akan kita photo hari ini.

Setelah kita mengetahui apa yang akan kita photo maka penetuan selanjutnya adalah penentuan apa yang akan kita dahulukan. Seperti kita ketahui ada 3 unsur yang akan menentukan sebuah gambar. Dari ketiga unsur tersebut cukup kita tentukan 2 saja dimana unsur ketiga dapat kita abaikan. Sebagai contoh bila kita akan memotret seorang model. Untuk itu perlu anda pertanyakan:

  1. Apakah anda membutuhkan detail yang tinggi atau kontras yang tinggi? Maka selanjutnya point ini yang yang akan menentukan ISO tinggi atau rendah.
  2. Apakah anda membutuhkan latar belakang atau latar depan? Maka selanjutnya point ini akan menetukan aperture kecil atau aperture besar.

Dengan terjawabnya kedua pertanyaan ini maka shutter speed atau kecepatan otomatis akan mengikuti kebutuhan kedua pertanyaan sebelumnya. Mudah bukan????

Mari kita coba dengan masalah lain. Misalkan hari ini kita akan memotret anak kita yang akan bermain bola. Untuk itu yang perlu kita persiapkan adalah:

  1. Yang pasti karena anak kita yang akan bermain bola, maka muka anak kita menjadi tujuan utamanya. Dengan demikian shutter speed menjadi prioritas utama. Untuk itu kita membutuhkan shutter speed yang cukup tinggi untuk dapat merekam detail mukanya.
  2. Untuk mendapatkan kecepatan setinggi-tingginya maka kita membutuhkan ISO yang tinggi untuk membantu menaikkan shutter speed kita.

Dengan pertimbangan kedua hal tersebut otomatis aperture tinggal mengikuti 2 kebutuhan kita diatas. Maka keluarlah aperture dengan bukaan besar.

Begitulah selanjutnya, hanya 2 unsur yang kita perlukan maka unsur ketiga tinggal mengikuti 2 kebutuhan sebelumnya.

Dari bahasan diatas kita ambil sedikit kesimpulan yaitu:

Besaran Intensitas Cahaya (Exposure)

ISO

Aperture

Shutter Speed

Fungsi

Kepekaan sensor menangkap cahaya

Kedalaman ruang tajam

Waktu untuk menangkap cahaya

Efek pada gambar

ISO Rendah

Kontras rendah

Bukaan Besar

Tidak Berdimensi

Speed Rendah

Bergerak

ISO Tinggi

Kontras tinggi

Bukaan Kecil

Berdimensi

Speed Tinggi

Berhenti (Still)

Efek Sampingan

Kadang disertai perubahan halus atau kasarnya grain

Karena ruang tajam yg sempit maka harap diperhatikan titik fokusnya

Pertimbangkan kecepatan terendah pada dan sycronized speed untuk flash

Penekanan

Lebih kepada mood gambar

Lebih kepada dimensi ruang

Lebih kepada kesan hidup

Filosofi

ISO Rendah

Halus, Indah, Beauty

Bukaan Besar

Satu titik objek tanpa ada objek lain

Speed Rendah

Hidup, cepat,   ringan

ISO Tinggi

Jantan, Kasar, Tua

Bukaan Kecil

Banyak objek sebagai pelengkap

Speed Tinggi

Megah, sulit, kuat

Selanjutnya, biasakan diri anda untuk mengetahui dulu apa yang akan kita photo sebelum eksekusi berlangsung. Sesederhana apapun itu, tapi biasakan berangkat dengan sedikit bekal pengetahuan tentang apa objek anda. Setelah itu, nikmati hasilnya.

Demikian, semoga bermanfaat.
 

Tentang Penulis:

TigorLubis4Tigor Lubis
Professional Photorapher
tigorlubis@yahoo.com
+622193491747
+6287877970214
BB 2703439F

 

 

25 Responses to Teknik dasar Pemotretan Bag. 1

  • Those even wealthier than that lose even less. You could hire Brooklyn Home care services may include
    taking care of someone that they care about.
    That’s alzheimers care why it is abundant in a
    country like the Philippines. Often, these hospice services will offer twenty four hour crisis
    intervention.


  • Its not my first time to go to see this site, i am visiting this site dailly and take fastidious data
    from here every day.


  • I don’t even know how I ended up here, however I assumed this put up used to be great.
    I don’t realize who you’re but definitely you’re going to a famous blogger in case you are
    not already. Cheers!


  • Hurrah, that’s what I was searching for, what a information!
    existing here at this website, thanks admin of this website.


  • What’s up, of course this post is genuinely good and I have
    learned lot of things from it on the topic of blogging. thanks.


  • As the admin of this site is working, no uncertainty very soon it will be well-known, due to
    its feature contents.


  • You actually make it seem so easy along with your presentation but I to find this matter to be actually something that I feel I would by no means understand.
    It kind of feels too complicated and extremely vast for me.

    I am having a look forward for your next put up, I will
    attempt to get the cling of it!


  • Avatar Image

    plan cul

    What’s up, yes this piece of writing is genuinely good and I have learned lot of things from it
    concerning blogging. thanks.


  • That is a great tip especially to those fresh to the blogosphere.
    Brief but very precise info… Thank you for sharing this one.
    A must read post!


  • It’s difficult to find experienced people on this subject, however, you sound like you know what
    you’re talking about! Thanks


  • You need to take part in a contest for one of the best
    blogs online. I’m going to highly recommend this website!


  • Hey! I know this is kind of off topic but I was wondering if you knew where I could locate
    a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having
    trouble finding one? Thanks a lot!


  • Wow, that’s what I was searching for, what a stuff!
    present here at this weblog, thanks admin of this site.


  • Avatar Image

    plan cul gratuit

    Everyone loves it when folks get together and share ideas.
    Great blog, continue the good work!


  • Avatar Image

    voyance par telephone

    Voyance en direct mlle lenormand tirage gratuit


  • Avatar Image

    jeux de guerre en ligne

    jeux des enfants jeux militaire gratuit


  • Avatar Image

    voyance gratuite amour

    Horoscope le parisien.fr horoscope chinois ascendant


  • Avatar Image

    voyance gratuite

    Date des signe astrologique telecharger logiciel astrologie gratuit


  • Avatar Image

    serrurier paris 19

    serrurier paris 14eme serrurier paris 13eme


  • Avatar Image

    voyance gratuite immediate

    Tirages gratuits des oracles carte en ligne gratuite


  • Avatar Image

    Tips Puaskan Suami

    It’s truly a great and helpful piece of info. I am glad that you simply shared this useful information with us. Please keep us informed like this. Thanks for sharing.


  • ini pelajaran yg berharga buat saya, tentang ISO tinggi dan rendah, saya sendiri masih awam banget dgn teknik pemotretan.


    • Avatar Image

      Admin

      Terima kasih kunjungan dan apresiasinya sobat Kurnia, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sukses selalu kawan :D


  • .: TQ infonya kawan, saya masih asal jepret untuk pengambilan gambar online store…^_^


    • Avatar Image

      Admin

      Sama-sama kawan, mudah-mudahan artikel diatas bisa menjadi bahan panduan untuk pengambilan gambar kawan berikutnya. Terima kasih kunjungan dan apresiasinya, sukses selalu :D


Recent Posts

Ricoh WG-M1 kamera petualangan canggih 2014

Ricoh WG-M1 kamera petualangan canggih 2014Setelah beberapa lama kamera GoPro dari berbagai tipe mendominasi fotografi petualangan (adventure photography) kini keberadaannya boleh jadi mulai tergoyahkan dengan...

LidahnatioN Gathering 2014

LidahnatioN Gathering 2014Sahabat BP yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya tayangkan foto-foto dari sebuah acara temu kangen teman/sahabat berkumpul yang sudah...

Tips teknik fotografi makanan

Tips teknik fotografi makananSahabat BP yang berbahagia, untuk menampilkan makanan dalam bentuk foto yang biasa digunakan oleh rumah makan cepat saji, kedai minuman...

10 Kamera DSLR termahal di dunia 2014

10 Kamera DSLR termahal di dunia 2014Sahabat BP, kemajuan dan perkembangan kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex), memang sungguh sangat pesat. Bahkan kini kehadirannya telah benar-benar...

15 Fotografer paling terkenal di dunia

15 Fotografer paling terkenal di duniaSahabat BP, ternyata untuk menjadi seorang fotografer/photographer terkenal dan dilihat dunia, tidak hanya dari sekedar lamanya pengalaman dan profesionalisme-nya saja....

10 Karya photo termahal di dunia

10 Karya photo termahal di duniaSahabat BP yang berbahagia. Entah apa dan bagaimana cara para kolektor karya photo dunia menilai sebuah karya foto/photo hingga bisa...

Teknik Pencahayaan dalam Photography Bag. 2

Teknik Pencahayaan dalam Photography Bag. 2Tigor Lubis - Sahabat BP yang berbahagia, seperti pada tulisan saya terdahulu pada artikel Teknik Pencahayaan dalam Photography Bag. 1,...

Teknik Pencahayaan dalam Photography Bag. 1

Teknik Pencahayaan dalam Photography Bag. 1Tigor Lubis - Sahabat BP yang berbahagia, setelah beberapa waktu yang lalu kami membahas tentang Trilogy Pemotretan (Teknik Dasar Pemotretan...

Tips memotret dengan kamera ponsel

Tips memotret dengan kamera ponselSahabat BP yang berbahagia, perkembangan teknologi dunia kamera digital (DSLR) sungguh sangat pesat. Berbagai jenis kamera DSLR dengan kemampuannya yang...

Tips memilih photo editor

Tips memilih photo editorSahabat BP yang berbahagia, dalam melakukan pengambilan gambar/pemotretan, sering dijumpai beberapa hasil gambar/photo/foto dari sebuah momen/even yang diambil terasa kurang...

Tips merawat kamera DSLR

Tips merawat kamera DSLRSahabat BP yang budiman, kamera DSLR beserta kelengkapan pendukungnya merupakan barang elektronika digital dengan sensitifitas yang cukup tinggi, bila dalam...

Canon EOS100D kamera DSLR terkecil di dunia

Canon EOS100D kamera DSLR terkecil di duniaSahabat BP, trend dunia per-kamera-an saat ini berbeda dengan 5 atau 6 tahun yang lalu, dimana kini kamera DSLR dengan...

Nicoline Patricia Malina

Nicoline Patricia MalinaSahabat BP yang berbahagia, inilah satu lagi photographer wanita Indonesia yang patut dibanggakan karena prestasi yang telah dicapainya di tingkat...

Teknik photography bokeh

Teknik photography bokehSahabat BP, Teknik photography/fotografi bokeh adalah salah satu teknik dasar photography yang banyak digemari para penghobi dan penikmat photography saat...