Social Media
Google+ Load...
Facebook Load...

Review produk Canon EOS 7D

Canon EOS 7D

Sekilas Tentang Canon EOS 7D
 
Sahabat BP, sejak kemunculan pertama EOS di jagat industri kamera DSLR, Canon terbukti telah mendominasi pasar, nyaris tanpa saingan. Dan jika kita amati, saingan terdekat mereka yakni baru Nikon yang bisa mematahkan dengan kemunculan D3 nya.
 
Terkait hal itu, nampaknya Canon harus segera membuat perubahan dan meningkatkan kualitas EOS mereka, bukan hanya sekedar berganti tampilan. Sebagai pemimpin pasar akan sangat mudah bagi Canon untuk sekedar ganti tampilan secara instan agar seri EOS mereka tetap laris manis di pasaran. Seperti EOS 1000D yang beberapa saat lalu diluncurkan di pasaran.

Jika anda sebagai pengguna Canon, anda tentu memahami tipikal perusahaan ini. Mereka kadang terkesan agresif dalam mengelontorkan teknologi-teknologi barunya, untuk makin memperluas pasar mereka di semua lini.
 
EOS 7D pada dasarnya dibuat untuk level pengguna kelas profesional, seperti bagi fotografer profesional yang telah terbiasa menggunakan seri EOS 1D. Menyusul kesuksesan para pendahulunya yakni 10D, 20D, serta 30D nampaknya kamera ini dibuat untuk menandingi Nikon sang rival terdekat mereka dengan kamera sekelas D300 ataupun D200. Belum lagi Sony yang juga mengeluarkan A700 yang juga menjadi incaran beberapa photographer profesional.
 
Body Luar:
Kesan pertama saat membuka box kamera Canon EOS 7D adalah bentuknya yang telah mengalami perubahan dibanding versi pendahulunya, yakni Canon EOS 50D serta Canon 5D Mark II.
 
Tentu saja semua fans EOS berharap 7D tidak hanya sekadar ganti tampilan dan sensor yang lebih baik belaka tentunya. Karena kini 7D telah berbekal sensor sebesar 18 MP. Jika dibanding 7D,display50D nampak sedikit lebih tinggi. Panel yang dulunya terdapat di bagian bawah display, pada 7D telah berpindah ke bagian kiri.
 
Kemudian tombol panel video kini telah muncul di sebelah kanan viewfinder. Rata-rata ukuran tombol pada EOS 7D kini juga sedikit lebih besar. Perubahan signifikan lain juga terletak pada desain panel lock, di sisi kanan bawah.
 
Dengan jendela APS-C yang mirip 50D,  jeroan kamera 7D tentunya tak berfitur sama seperti saudara tuanya tersebut. Pasalnya dalam body 7D telah dibenamkan otak ganda yakni prosesor Dual Digic 4, dengan AF sebesar 19 titik poin, serta mekanisme baru yang memungkinkan kamera ini untuk melakukan continuous shooting sekitar 8 frame rate/second.
 
Alhasil pastinya EOS 7D lebih pintar dan cepat dalam menangkap suatu objek, untuk mengabadikannya dalam sebuah hasil foto. Apalagi kini EOS 7D dibekali dengan lensa kit berjenis EF/ EF-S (1,6 x field crop) yang sedikit memuaskan, yakni sebesar 18-135mm.
Satu hal yang sedikit disayangkan, yakni kamera ini belum full-frame.
 
Selain berbekal kontrol wireless flash, Canon juga masih menyediakan fitur perekaman video full HD 1080p, dengan kontrol manual lensa milik 7D tentunya. Untuk masalah display kamera DSLR ini memiliki teknologi Clear View II LCD display sebesar 3 inchi, dan dilengkapi pembesaran sebesar 1.0x serta 100% coverage viewfinder.
 
Dilihat dari sisi body, EOS 7D terasa sedikit berat dan mantap untuk dijinjing, apalagi dengan balutan magnesium alloy di sekelilingnya. Hal ini seolah menambah rasa percaya diri, saat mengambil foto dengan kecepatan rendah. Sebenarnya kamera ini memiliki segel-segel pelindung yang terdapat di beberapa selasela body magnesium aloy nya. Canon sendiri mengklaim bahwa dengan fitur tersebut kamera ini bakal tahan cuaca dalam kondisi pemotretan seekstrim badai, salju, ataupun hujan.
 
Spesifik teknis EOS 7D:
 
Sensor:
Berdasarkan data resmi Canon, EOS 7D dibekali prosesor DUal DIGIC 4, dengan CMOS sensor berukuran 22.3 x 14.9 mm, 3:2 aspect ratio, serta RGB Color Filter Array. Selain itu dijelaskan juga bahwa sensor ini masih dilengkapi dengan Built-in fixed low-pass filter (dengan self-cleaning unit).
 
Format Foto dan Video :
EOS 7D dapat menyimpan gambar dengan format RAW atau JPEG dengan perincian pixel sebagai berikut:
 
RAW:

  • 5184 x 3456
  • 3888 x 2592
  • 2592 x 1728

 
JPEG:

  • 5184 x 3456
  • 3456 x 2304
  • 2592 x 1728

Sementara untuk format video, EOS 7D mampu menyimpan format berjenis file .mov dengan ukuran mulai 640 x 480 (59.94, 50 fps) untuk formay paling kecil, 1280 x 720 (59.94, 50 fps) untuk format HD, dan 1920 x 1080 (29.97, 25, 23.976 fps) untuk full HD.
 
Sensitivitas ISO:
Untuk ukuran ISO EOS 7D memiliki range antara 100-6.400, sementara untuk mode Auto ISO nya kamera ini menjangkau 100-3.200. Jika kurang, pengguna bisa melakukan push ISO hingga 12.800.
 
White balance & Picture Style:
Mode untuk white balance adalah sebagai berikut:

  • Auto (AWB)
  • Daylight
  • Shade
  • Cloudy
  • Tungsten
  • White Fluorescent light
  • Flash
  • Custom
  • Kelvin (2500 – 10000 K)

Sementara untuk picture style nya, kamera ini mempunyai mode sebagai berikut:

  • Standard
  • Portrait
  • Landscape
  • Neutral
  • Faithful
  • Monochrome
  • User def. 1
  • User def. 2
  • User def. 3

CMOS 18 MP, AF 19 Titik Poin:
 
Kamera ini memiliki sensor sebesar 18 MP. Dengan sensor APS-C tersebut, rasio noise yang dihasilkan kamera ini terasa lebih baik daripada seri EOS 50D. Canon mengklaim, mereka telah mengurangi jarak antara lensa mikro dan foto dioda yang menyebabkan cahaya lebih mudah masuk.
 
EOS 7D juga dilengkapi Auto-Focus (AF) sebanyak 19 sensor titik poin. Pengguna juga dapat memilih mode manual titik poin yang akan digunakan. Pengoperasiannya pun mudah. Untuk masalah sistem metering Canon memiliki fitur Focus Color Luminance (iFCL) yang baru, yang mengukur warna, fokus dan luminance menyilang sebanyak 63 zona.
 
Port Konektivitas dan Paket Software EOS 7D memiliki port konektivitas yang terletak di sisi kiri body kamera. Berbalut karet yang dapat ditarik, didalamnya terdapat input mic, USB 2.0, serta mini HDMI. Sayang seperti beberapa produk lain milik Canon, EOS 7D juga tak dilengkapi kabel HDMI. Untuk masalah software, di dalam box EOS 7D juga telah disertakan beberapa software Canon EOS Solution Disk v21.0 yakni: EOS Utility 2.7, ZoomBrowser EX 6.4, PhotoStitch 3.1, picture style editor 1.6, serta Digital Photo Profesional 3.7.
 
Fitur Video, Full Manual Tanpa Upgrade Firmware Tak seperti EOS 500D dan 5D Mark II yang harus mengupgrade firmwarenya terlebih dahulu, kini EOS 7D hadir dengan fitur video dengan full kontrol manual melalui shutter ataupun aperture. Saat dicoba feel yang didapat saat mencari gambar dengan kekuatan lensa, shutter ataupun aperture secara manual rasanya sedikit seperti menggunakan kamera broadcast sekelas XL-1, namun ini lebih compact.
 
Dengan format video .mov mpeg-4 AVC dari codec H.264 untuk video dan PCM 44,1 khz mono untuk audio, EOS 7D menawarkan pilihan video full HD (1080p) pada modus 24, 25 atau 30 fps. Selain itu masih ada pilihan 720p serta VGA. Saat dihitung modus 1080p dan 720p EOS 7D ini merekam file berukuran sekitar 5,5 MB/detik. Sementara untuk VGA adalah sekitar 2,8 MB/detik. Untuk masalah waktu Canon memberi batasan 12 menit untuk HD dan 24 menit untuk VGA.
 
Dengan kemampuan di atas, kamera DSLR profesional ini mampu menjadi sebuah camcorder yang lumayan mumpuni. Pasalnya warna yang dihasilkan dari modus full HD, saat digunakan untuk mengambil objek di siang hari dengan pencahayaan cukup, sangat kentara. Kontras yang dihasilkan pun tak terasa ecek-ecek. Begitu juga saat digunakan untuk mengambil makro objek, seperti gerakan daun-daun di taman. Hijaunya terasa sejuk di mata. Sayang hanya dibatasi aturan selama 12 menit saja.
 
Saat dicoba merekam video dalam kondisi pencahayaan minim sore hari di atas gedung dengan sensitivitas tinggi, noise-noise mulai bermunculan. Ada sedikit distorsi yang muncul begitu video ini dipindai ke PC.
 
Untuk masalah harga, sekelas harga photographer profesional lah.

Demikian semoga bermanfaat.
 
Sumber : Fajar Widiantorodetikinet, Canon EOS 7D DSLR

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Checked to confirm * 

Recent Posts

Kamera DSLR paling aneh dan unik di dunia

Kamera DSLR paling aneh dan unik di duniaBerbagai inovasi pada kamera digital terus-menerus dilakukan oleh berbagai kalangan, baik yang dilakukan oleh ... Selengkapnya

Tips fotografi keluarga

Tips fotografi keluargaBiasanya keadaan paling sulit yang dirasakan seorang fotografer, adalah ketika ia diminta untuk melakukan ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2016

10 Kamera ponsel terbaik 2016Kembali kami meng-update artikel tentang Kamera Ponsel yang masuk dalam kategori terbaik untuk tahun ... Selengkapnya

UV Filter lensa kamera DSLR

UV Filter lensa kamera DSLRSering timbul pertanyaan diantara pehobi fotografi, terutama pehobi fotografi pemula, apakah lensa kamera DSLR ... Selengkapnya

7 Latihan fotografi praktis sehari-hari

7 Latihan fotografi praktis sehari-hariPepatah mengatakan, "Bisa karena biasa" atau kata istilah orang kulon "Practice makes more perfect" ... Selengkapnya

Kereta Merdeka atau Mati

Kereta Merdeka atau MatiPada jaman perjuangan fisik melawan para penjajah negri tercinta ini, dikenal sebuah sebutan Kereta ... Selengkapnya

15 Drone murah untuk pemula

15 Drone murah untuk pemuladunia fotografi dan videografi saat ini tengah menggandrungi sebuah alat bantu baru super canggih ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2Berbagai inovasi tak henti-hentinya dilakukan oleh berbagai produsen ponsel / hp / smartphone untuk ... Selengkapnya

Kamera kompak-saku terbaik 2015

Kamera kompak-saku terbaik 2015Kamera kompak-saku (compact-pocket camera) memang merupakan kamera yang serbaguna, ringan dan praktis untuk digunakan ... Selengkapnya

Jakarta di waktu malam

Jakarta di waktu malamPada kesempatan kali ini saya mencoba menampilkan karya foto yang sedikit berbeda dalam pengambilannya. ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015

10 Kamera ponsel terbaik 2015Sahabat BP. Berbagai jenis dan merk ponsel / hp / smartphone yang dilengkapi dengan ... Selengkapnya

10 fotografer terkaya di dunia

10 fotografer terkaya di duniaSahabat BP yang berbahagia. Dalam rangka menjelang detik-detik menyambut Tahun Baru 2015, kami hadirkan ... Selengkapnya