Social Media
Google+ Load...
Facebook Load...

Mengenal beberapa jenis lensa kamera DSLR

Beberapa jenis lensa kamera DSLR
berdasarkan rentang/panjang fokal (focal length).

1. Lensa Prima/Prime Lens

nikon-50mm

Lensa prima/prime lens adalah jenis lensa yang hanya memiliki rentang fokal tetap (fixed focal length) sehingga tidak dapat melakukan zoom.

Lensa prima biasa digunakan untuk portrait, kegiatan olah-raga dan lain sebagainya. Beberapa lensa prima yang sangat terkenal dan sering digunakan adalah lensa 50mm, 85mm, 135mm, dan 300mm dari berbagai merek lensa.

Contoh lensa prima 50mm dari merek Nikon adalah Nikon AF-S NIKKOR 50mm.

 

Contoh photo hasil pengambilan gambar menggunakan lensa prima

primelens photo

2. Lensa Standard Zoom

Canon-EF-S-18-55mm

Lensa standard zoom sering disebut juga sebagai jenis lensa jalan-jalan atau travelling. Lensa standard zoom biasanya mempunyai rentang fokal antara 16-85mm. Rentang fokal lensa standard zoom sangat fleksibel dan 80% dari photo anda kemungkinan diambil dengan mengunakan lensa standard zoom. Contoh lensa standar zoom dari berbagai merek antara lain : Canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS, Nikon 18-55mm f/3.5-5.6 VR, Nikon 16-85mm f/3.5-5.6 VR, Pentax 16-50mm f/2.8 dan lain sebagainya.

Contoh photo hasil pengambilan gambar menggunakan lensa standard zoom

standardzoomphoto

3 Lensa Wide Angle Zoom

Canon10-22mm

Lensa wide angle zoom adalah jenis lensa yang populer bagi photographer pemandangan atau arsitektur karena kemampuan lensa ini untuk menangkap bidang yang luas dengan prespektif yang dinamis. Contoh lensa wide angle zoom dari berbagai merek antara lain : Sigma 10-20mm, Canon EF-S 10- 22mm, Tokina 12-24mm dan lain sebagainya.

Contoh photo hasil pengambilan gambar menggunakan lensa wide angle zoom

wideanglezoomphoto

4. Lensa Telephoto Zoom

canon efs55-250

Lensa telephoto zoom dapat adalah jenis lensa yang dapat membuat objek yang jauh terasa lebih dekat. Sangat populer dikalangan photographer binatang liar, olahraga, photo-jurnalistik dan banyak lagi. Lensa telephoto zoom juga populer untuk portrait karena kemampuannya dalam mengkompresi latar bekalang, sehingga model anda terlihat lebih enak dipandang. Biasanya lensa telephoto zoom rawan getar, maka dari itu lensa telephoto zoom yang memiliki Image stabilization sangat dianjurkan. Contoh lensa telephoto zoom dari berbagai merek antara lain : Canon 55-250mm IS, Sony 70-200mm f/2.8, Pentax 65-250mm f/4, Sigma 50-500mm dan sebagainya.

Contoh photo hasil pengambilan gambar menggunakan lensa telephoto zoomtelephotolensphoto

5. Lensa Super zoom

smc18-270mm

Lensa super zoom seperti sebuah gabungan dari lensa standard zoom dengan lensa telephoto zoom. Rentang fokal lensa super zoom sangat lebar, dari 18mm sampai 200mm bahkan ada yang sampai 270mm. Karena itu, lensa ini sangat populer untuk lensa jalan-jalan atau travelling. Ideal untuk orang yang tidak ingin mengganti-ganti lensa. Kekurangan lensa ini yaitu pada kualitas optiknya yang secara umum tidak se-prima lensa standard zoom ataupun lensa telephoto zoom.

Contoh photo hasil pengambilan gambar menggunakan lensa super zoom

superzoomphoto

6. Lensa Makro

Tamron-90mm

Lensa makro adalah jenis lensa ideal untuk mengambil photo close-up atau detail shot dari benda-benda berukuran kecil, misalnya perhiasaan, bunga, serangga, dan lain sebagainya. Lensa makro mampu membesarkan objek yang diphoto dan menangkap detail dan warna dengan tajam. Lensa makro kadang dipakai untuk portrait karena rentang fokal lensa makro biasanya sekitar 90-200mm.Hasil photo dengan lensa makro memang sangat tajam, sehingga permukaan/surface object terlihat sangat jelas. Pada umumnya lensa Makro yang baik bukan dari jenis lensa zoom melainkan jenis lensa prime (fixed focal length).

Contoh photo hasil pengambilan gambar menggunakan lensa makromakrolensphoto

Demikian uraian sederhana mengenai beberapa jenis lensa kamera DLSR secara umum. Semoga dapat membantu anda dalam mengambil keputusan jenis lensa mana yang paling cocok untuk digunakan pada kamera anda.
Namun demikian keputusan akhir ada ditangan anda, karena sesungguhnya dengan berbekal pengetahuan yang cukup tentang teknik photography hampir semua jenis lensa dapat melakukan hal yang sama, kecuali untuk beberapa jenis lensa yang sangat spesifik  (wiseman say “whose the man behind the camera”).

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

22 Responses to Mengenal beberapa jenis lensa kamera DSLR ▼

  • selamat pagi sobat maf baru berkunjung dikarenakan kesibukan yg luar binasa 😀

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Halo sohibku mas Cahyo…, it’s okay sob. Mudah2an segala usahanya berjalan lancar dan sukses selalu, amin 😀

      Reply
  • Beruntung saya punya sahabat blogger seperti kang Bobby, dari sekarang saya harus ngubek2 blognya kang Bobby nie…lagi bingung saya kang, sebelumnya saya biasanya memotret dengan kamera digital aja, tapi untuk hari sabtu ane dituntut harus bisa menggunakan kamera DSLR, ciyusss ampe degdegan saya hehehe…jangankan bisa menghasilkan gambar yg bagus, cara membidik objek supaya objeknya terlihat full (margin kiri, kanan, atas, bawah) terlihat sama aja ane masih blom bisa kang…hadeuh…aya2 wae deui gara2 tukang fotografernya berhalangan jadi ane nie yg kena sasaran……..

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Hahaha…, met sore nan panas sob. Ane ikuti kang Marnes jalan2 di blog ane.. hehe, coba buka sob post Teknik Dasar Pemotretan Bag. 1 (http://wp.me/p2Efvv-mE) lanjut ke Teknik Dasar Pemotretan Bag. 2 (http://wp.me/p2Efvv-u2) incer2 disana dulu sob.., sapa tau bisa membantu. Soalnya kamera kalo menurut ane unik sob, selain kita harus kenal spec kameranya kita juga harus banyak praktek sob. Kita pun kadang2 menggunakan set kamera yg tdk sesuai dengan keadaan objek eh malah bagus hasilnya. Tapi saran ane kalo yg sabtu itu buat pengambilan photo yg memerlukan kualitas bagus ya kayaknya kepaksa deh hired (hehehe maunya photographer tuh). Satu lagi saran ane.., mumpung masih ada waktu jepret2 dulu aja objek2 sekitar kita sambil mengatur settingnya mana yg cocok untuk suatu keadaan objek. Terus lihat yg paling bagus, nah setnya dicatet deh. Maju terus pantang mundur sob. Thanks sdh berkunjung. Salam sejahtera, semoga sukses selalu 😀 🙂

      Reply
  • wah keren banget ni lensa-lensanya, pasti memuaskan banget kalo pake lensa-lensa diatas, yang aku suka lensa wide angle zoom,, keren banget. pasti harganya mahal 🙁

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Selamat malam sob 😀 wah sy malah kebeneran dapat harga yg murah2 sob…!, soalnya beli second-an hehe 🙂 dari temen2 yg kebetulan ganti lensa. So soal harga kita siasati aja sob haha 😀 Thanks kunjungan dan support-nya. Sukses selalu 🙂

      Reply
  • Very informative about photography. Thanks.

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Thank you so much for the visit and support my friend. Have a nice day 😀

      Reply
  • Avatar Image
    Widi Hastomo

    kasih harganya sekalian donk gan.. hehe

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Hello mas Widi, niatnya sih gitu mas. Namun mengingat harga bersifat fluktuatif, dan juga perbedaan harga antar seller agent, akhirnya kami memutuskan untuk tidak mencantumkan harganya mas, dengan maksud sahabat BP dapat mencarinya langsung via Google atau situs penyedia kamera2 tersebut hehe…
      Terima kasih kunjungan dan apresiasinya mas, sukses selalu 😀

      Reply
  • Saat memotret benda bergerak dengan kecepatan tinggi seperti gerakan manuver aerobatik di udara atau balapan f1 di darat, itu menggunakan lensa kamera apa ya?

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Untuk yang dimaksud sobat dapat menggunakan lensa standard zoom atau lensa super zoom atau lensa telephoto zoom dengan menggunakan teknik movement atau teknik panning (bisa dibaca pada artikel Teknik Dasar Pemotretan Bag. 1 dan Bag. 2). Terima kasih. Sukses selalu 😀

      Reply
  • ajarin donk motret pake lensa prime yg propesional 😀 .. saya tertarik dg jepret jepretnya tp saya jarang traveling 😀 ..kira kira kamera yg bagus dg kualitas okay tp harga trjangkau ada gak ya 😀 .

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      caranya…!, baca teknik dasar pemotretan, praktekan dengan penuh penjiwaan, sense of photography yang tinggi dan ulet tentunya.. langsung oke tuh. 😀

      ga perlu pake tavelling atuh ‘ndhuk, cukup disekitar kita aja dulu…!, tuh kaya si ‘mbake nicole. 🙂

      banyak kamera murah dan bagus antara lain :
      – dari temen yang lagi butuh duit yang mau jual kamera kerennya.
      – dari paslok di jl. surabaya (jakarta).
      – dari http://www.tokobagus.com, dari http://www.lazada.co.id dan lain-lain toko kamera murah di dunia hehehe. cukup sekian dan terima kasih 😀

      Reply
  • lensa prima kayaknya keren tuh gan, buat foto kayak lebih fokus ke titik objek 😀

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Betul sob, kami lebih banyak menggunakan prime lens dalam kegiatan pemotretan, lebih mudah, lebih focus dan ketajaman gambar yang bagus. Terima kasih kunjungan dan komennya sob, sukses selalu 😀

      Reply
  • Hello! Have a great week, sun and fun and only happy days. All the best from Grevena Greece 🙂

    Reply
  • Avatar Image
    Icahbanjarmasin

    Padahal kalau kita dekat aku mau banyak belajar tentang memfhoto nih bang.

    Reply
    • ini bisa pake poto ya komennya 😀 .

      Reply
      • Avatar Image
        Admin

        Tentu bisa dong …, tinggal pasang photo ‘mbake di [https://en.gravatar.com/] beres deh 😀

        Reply
  • Happy Tuesday, thanks for your visit, I wish you many beautiful things ♥ ♥ ♥
    Hugs 🙂

    Reply
  • seri pake lensa Nikkon AF NIKKOR 50mm 1:1.8D, apa ia sesuai untuk Nikon D90…seri tidak ambil len kit AF-S 18-55mm kerana ingin membeli jenis yang 18-105mm.

    tapi ketika seri ambil gambar close-up koin secara auto pada jarak 1 kaki gambarnya ngak brpa terang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Checked to confirm * 

Recent Posts

Kamera DSLR paling aneh dan unik di dunia

Kamera DSLR paling aneh dan unik di duniaBerbagai inovasi pada kamera digital terus-menerus dilakukan oleh berbagai kalangan, baik yang dilakukan oleh ... Selengkapnya

Tips fotografi keluarga

Tips fotografi keluargaBiasanya keadaan paling sulit yang dirasakan seorang fotografer, adalah ketika ia diminta untuk melakukan ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2016

10 Kamera ponsel terbaik 2016Kembali kami meng-update artikel tentang Kamera Ponsel yang masuk dalam kategori terbaik untuk tahun ... Selengkapnya

UV Filter lensa kamera DSLR

UV Filter lensa kamera DSLRSering timbul pertanyaan diantara pehobi fotografi, terutama pehobi fotografi pemula, apakah lensa kamera DSLR ... Selengkapnya

7 Latihan fotografi praktis sehari-hari

7 Latihan fotografi praktis sehari-hariPepatah mengatakan, "Bisa karena biasa" atau kata istilah orang kulon "Practice makes more perfect" ... Selengkapnya

Kereta Merdeka atau Mati

Kereta Merdeka atau MatiPada jaman perjuangan fisik melawan para penjajah negri tercinta ini, dikenal sebuah sebutan Kereta ... Selengkapnya

15 Drone murah untuk pemula

15 Drone murah untuk pemuladunia fotografi dan videografi saat ini tengah menggandrungi sebuah alat bantu baru super canggih ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2Berbagai inovasi tak henti-hentinya dilakukan oleh berbagai produsen ponsel / hp / smartphone untuk ... Selengkapnya

Kamera kompak-saku terbaik 2015

Kamera kompak-saku terbaik 2015Kamera kompak-saku (compact-pocket camera) memang merupakan kamera yang serbaguna, ringan dan praktis untuk digunakan ... Selengkapnya

Jakarta di waktu malam

Jakarta di waktu malamPada kesempatan kali ini saya mencoba menampilkan karya foto yang sedikit berbeda dalam pengambilannya. ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015

10 Kamera ponsel terbaik 2015Sahabat BP. Berbagai jenis dan merk ponsel / hp / smartphone yang dilengkapi dengan ... Selengkapnya

10 fotografer terkaya di dunia

10 fotografer terkaya di duniaSahabat BP yang berbahagia. Dalam rangka menjelang detik-detik menyambut Tahun Baru 2015, kami hadirkan ... Selengkapnya