Social Media
Google+ Load...
Facebook Load...

Sejarah Kamera dan Photography

OldCameraSets

Sahabat BP yang budiman, sesungguhnya sejarah kamera dan photography/fotografi itu sudah sangatlah tua, bagaikan tuanya sejarah Romawi kuno. Sejarah kamera dan photography dimulai pada abad ketujuh belas yang merupakan sebuah perjalanan upaya inovatif untuk mereproduksi gambar dengan cahaya.
Segala daya dan upaya creatif inovatif yang dilakukan para penemu pada saat itu, pada akhirnya menjadi tonggak sejarah lahirnya dunia photography hingga saat ini. Kapanpun dan dimanapun kita dapat mengabadikan moment apa saja melalui sebuah alat yang bernama kamera.

Nah sahabat BP inilah ikhtisarnya :

Kamera Obscura
Obscura Camera
Sejarah photography kuno dapat kita telusuri kembali melalui sebuah perangkat yang dikenal sebagai Kamera Obscura. Kamera Obscura merupakan sebuah kotak/ruangan gelap dengan lubang kecil di salah satu ujung/sisinya. Dari lubang yang cukup kecil tersebut akan dihasilkan sebuah gambar terbalik yang kemudian diperbesar di dinding seberangnya.
Kemampuan Kamera Obscura dalam mereproduksi gambar itulah yang pada akhirnya menjadi dasar untuk lensa kamera sebagai teknologi photography canggih. Dengan munculnya Kamera Obscura, kombinasi cahaya dan proses kimia pun akhirnya memasuki ranah photography. Mulai dari sinilah sejarah photography modern dan kamera mulai.
 
Sejarah Singkat Kamera
Seorang penemu asal Perancis Nicéphore Niepce adalah orang yang pertama menghasilkan gambar permanen dalam sejarah photography.
Niepce menggunakan kamera obscura dan kertas yang dilapisi dengan bahan kimia photosensitif. Dengan waktu bukaan/speed shutter yang diperlukan untuk menangkap gambar bersejarah pertama tersebut adalah selama delapan jam.
 
Kamera Daguerreotype dan Kamera Calotype
Obscura Camera
Pada tahun 1829, Niepce bermitra dengan Louis Daguerre. Dan ketika Niepce meninggal dunia pada tahun 1833, Daguerre lah yang melanjutkan semua penelitian yang telah ia dan Niepce mulai. Melalui upaya yang terus-menerus, Daguerre berhasil mengurangi waktu bukaan walau hanya setengah jam sekalipun. Daguerre juga menemukan sebuah theory bahwa merendam gambar dalam larutan garam akan membuat gambar menjadi permanen. Dan pada akhirnya Daguerre membuat nama baru untuk penemuan kamera obscura sebagai Daguerreotype dan menjual hak patennya kepada pemerintah Perancis pada tahun 1839.
“Daguerreomania” meledak di Eropa dan Amerika Serikat, di mana gambar permanen pada kaca dan logam menjadi populer saat itu, walaupun model baru ini hanya bisa membuat satu gambar dan tidak dapat dibuat salinan/copy nya.
Sejak Daguerreotypes diciptakan, maka sejarah kamera pun terus berlanjut dengan diciptakannya kertas negatif pertama oleh William Henry Fox Talbot dari Inggris pada tahun 1835. Dan sembilan tahun kemudian yaitu pada tahun 1844, ciptaan Talbot tersebut dipatenkan dengan sebutan Calotype.
Walaupun Daguerreotype dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik daripada calotype, namun penemuan Talbot bisa menghasilkan beberapa salinan/copy dari sebuah negatif.
Pada tahun 1844 Talbot dicatat sebagai penerbit koleksi photo pertama dalam sejarah photography. Ia menerbitkan sebuah koleksi photo yang ia beri judul The Pencil of Nature.
 
Langkah berikutnya dalam Sejarah Kamera
Collodion Camera
Mengingat waktu bukaan yang diperlukan untuk model Daguerreotype dan model Calotype sangat panjang, maka permasalahan waktu bukaan lebih cepat adalah langkah berikutnya dalam sejarah kamera. Hal tersebut akhirnya dapat dipecahkan dan menjadi kenyataan dengan foto Collodion Frederick Scott Archer pada tahun 1851. Proses Collodion dapat membuat waktu bukaan menjadi hanya tiga detik saja.
Untuk mempercepat waktu bukaan, gambar Collodion diolah pada saat Plate photography masih basah yang mengakibatkan sejumlah besar peralatan pengembangan harus selalu tersedia di lokasi. Sementara pengolahan dengan Dry Plate tidak tersedia hingga tahun 1871.
 
 
Beberapa peristiwa yang terjadi pada sejarah photograhy antara tahun 1851 hingga tahun 1877

  • Tahun 1861 : James Clerk Maxwell berhasil menciptakan sistem warna dalam photography yang pertama, menggunakan foto hitam putih dengan warna merah, hijau dan biru sebagai filter.
  • Tahun 1861-1865 : Mathew Brady dan staf photography-nya berhasil meliput perang Sipil di Amerika.
  • Tahun 1877 : Gambar Edward Muybridge tentang kuda yang sedang berpacu membuktikan bahwa selama seekor kuda sedang berpacu maka ke-empat kakinya akan terangkat sekaligus. Akhirnya banyak uang yang berpindah tangan diantara orang-orang kaya di San Fransisco yang bertaruh pada pacuan kuda.

Edward Muybridge

Dry Plate dan Kamera Kotak
Pada tahun 1871, Richard Maddox berhasil menemukan gelatin yang dapat digunakan sebagai pengganti kaca untuk Plate photography. Langkah ini tidak hanya memungkinkan untuk pengembangan lebih cepat tetapi juga membuka jalan untuk memproduksi film secara masal.
George Eastman mengambil proses lebih lanjut dan film fleksibel diperkenalkan pada tahun 1884. Pada tahun 1888, Eastman memperkenalkan kamera kotak, produk pertama dalam sejarah kamera yang tersedia untuk masyarakat umum.
Sejak akhir abad kesembilan belas, teknologi photography telah berkembang dengan pesat. Berikut ini adalah beberapa perkembangan penting dalam photography selama abad ke-20 :

  • Tahun 1907 : Film berwarna komersial pertama dikembangkan.
  • Tahun 1936 : Kodachrome, berlapis-lapis film berwarna, dikembangkan.
  • Tahun 1937 : Jurnalisme menjadi bagian penting dari pelaporan berita pada Perang Dunia II.

Kamera Masa Kini
Digital Camera
Kini sejarah kamera dan photography sedang berlangsung dengan berbagai inovasi baru yang muncul secara teratur. Dengan kamera digital, photographer profesional maupun amatir dapat mengambil beratus gambar dan melihatnya hampir seketika. Bahkan saat ini kamera bawah air terdapat banyak pilihan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat umum.
Inovasi dan kebutuhan telah mendorong sejarah kamera dan photography lebih maju. Dengan pengetahuan yang luas tentang teknik photography yang tersedia saat ini, inovasi lebih lanjut akan dapat diharapkan di masa mendatang.

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber : www.photography.com

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

30 Responses to Sejarah Kamera dan Photography ▼

  • Thanks for sharing your thoughts about Sejarah Kamera dan Photography.
    Regards

    Reply
  • 🙂 mampir nih Kak, setelah lelah mengerjakan tugas, sebelum bobo, nyapa-nyapa dulu 🙂 SELAMAT MALAM !!!

    sepertinya tampilannya berat sekali Kak, (terpengaruh sinyal serta kuota internet mungkin ya?) hehe
    untuk sekarang cuma bisa salam sapa dulu…
    tidak bisa komentar banyak kak, tapi ilmunya tetep bermanfaat 🙂 ,
    yayu ijin untuk menyimpan informasi ini ya Kak 🙂

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Betul sekali dhek Yayu, apalagi bila menggunakan browser firefox ditambah kondisi koneksi di sebagian wilayah Asia saat ini sedang repot-repotnya. Resiko sebuah web photo dhek dimana volume graphik lebih dominan. Direkomendasikan menggunakan google chrome untuk koneksi yg standard agar browsing internet lebih maksimal. BTW Terima kasih kunjungan dan apresiasinya dhek. Sukses selalu 😀

      Reply
      • oooowh, oke kak!
        yayu akan coba pakai ”google chorme”,
        kak, kayaknya ada yang aneh, contact’nya itu bener [Jl. Merbau no.10. Komp.TNI-AL
        Pangkalan Jati. Jakarta – 12450] ???

        …sukses buat kakak, 🙂 !!!

        Reply
        • Avatar Image
          Admin

          Halo dhek Yayu, apa khabar …!? 😀

          Coba deh pake Google Chrome…, makenya ga ribet… popoke uwashik tenan deh hehe 🙂

          Alamat kontak kami ya itu yg tertera di footer…, alias bener !!
          Apa karena ada komp TNI-AL nya ya !?…, Lokasinya memang berada di lingkungan komplek TNI-AL dhek. Tapi di perumahannya bukan di perkantorannya.
          Mudah2an sekarang ga jadi aneh lagi ya hehe… Thanks kunjungan dan apresiasinya ya, sukses selalu 😀 😀

          Reply
          • selamat siang kak, kabar yayu baik kak…
            kabar kakak bagaimana?
            ..yayu sekarang pake chorme kak, hehehe lebih iya kak pake chrome lebih ringan,
            sudah g aneh koq kak, sekarang jadi lebih simpel 🙂
            selamat beraktifitas ya kak.

            Reply
            • Avatar Image
              Admin

              Haai dhek Yayu… 😀 khabarnya baik-baik dhek…, terima kasih sudah mau ikuti saran kakak untuk pake chrome. Sekarang tinggal menikmati hasilnya. Kereen khan !!. Terima kasih kunjungan dan supportnya ya, salam sejahtera dan sukses selalu 🙂


    • Avatar Image
      fajriansyah nurfan

      sangat bermanfaat , izin share yah 😀

      Reply
      • Avatar Image
        Admin

        Tentunya boleh banget sob, thanks kunjungan dan share-nya 😀

        Reply
  • kunjungan malam dan ijin comment

    Reply
  • met malming sobat

    Reply
  • Avatar Image
    Reky

    Alhamdulillah, bertambah lagi wawasan. salam kenal sob, terima kasih sudah berbagi 🙂

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih sahabat Reky atas kunjungan dan apresiasinya. Salam kenal kembali, salam sejahtera dan sukses selalu sob.

      Reply
      • Avatar Image
        Reky

        Sama2 sob, sukses selalu untuk sobat ^^

        Reply
  • Kalo kamera yg masih berbetuk box belum pernah memegang, tp kalo dah berbentuk seperti gambar paling atas, pict bawah kanan dah pernah mengoprasikan. mantap artikelnya, menambah pengetahuan tentang kamera

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih sahabatku wong Semarang atas kunjungan dan apresiasinya. Sukses selalu kawan.

      Reply
  • artikelnya bermanfaat kawan
    terima kasih

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih kunjungan dan apresiasinya kawan

      Reply
      • Yang jelas di sini saya banyak menimba wawasan dan pengetahuan bermanfaat sobat
        Terima kasih banyak

        Reply
  • panjang dan lengkap. saya tertarik sama kamera 😀 .

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Hello sahabat Tia, terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya. Mudah-mudahan semakin tertarik pada kamera. Sukses selalu.

      Reply
  • artikel yg sangat mantap kawan, terima kasih sudah berbagi

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih kunjungan dan apresiasinya sobat, sukses selalu.

      Reply
  • Avatar Image
    info

    berkunjung sambil baca artikel menarik kawan

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      @Sobat Cary & Info: Thanks appreciate-nya. Sukses selalu sob

      Reply
  • wah info menarik nih sobat ,makasih 4share

    Reply
  • Avatar Image
    Admin

    Hay sahabatku mas Daniel, betul sekali sob, MaViCa (Magnetic Video Camera) adalah salah satu evolusi kamera dari Sony Corp. Namun Mavica tidak tergolong kamera digital murni mas, melainkan CCD (Change Coupled Device) yg merubah sinyal analog dalam format NTSC dengan media penyimpan Magnetic Tapes. Diawali pada tahun 1981 dengan Mavipak 2.0″VF hingga MaviCap MVC-FDR3 pada tahun 1990-an. Kamera digital pertama ditemukan oleh Steven J Sasson dari Amerika pada tahun 1975 melalui Kodak Corp. Terima kasih kunjungan, support dan appresiasinya mas Daniel. Salam sejahtera selalu.

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Sama-sama mas Daniel, mohon kami-pun dikoreksi bila ada kesalahan. Maklum kami masih dalam tahap belajar dan masih sangat banyak kekurangannya. BTW our highly appreciates to you. Through your blog there were a lot of principal things that we can reap. Sukses selalu sahabatku

      Reply
  • Avatar Image
    Icahbanjarmasin

    Terus terang aku baru tau sekarang bang sippp artikelnya..hahahyyy

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Hay bang Icah, trims kunjungan dan apresiasinya, sukses selalu sahabat.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Checked to confirm * 

Recent Posts

Kamera DSLR paling aneh dan unik di dunia

Kamera DSLR paling aneh dan unik di duniaBerbagai inovasi pada kamera digital terus-menerus dilakukan oleh berbagai kalangan, baik yang dilakukan oleh ... Selengkapnya

Tips fotografi keluarga

Tips fotografi keluargaBiasanya keadaan paling sulit yang dirasakan seorang fotografer, adalah ketika ia diminta untuk melakukan ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2016

10 Kamera ponsel terbaik 2016Kembali kami meng-update artikel tentang Kamera Ponsel yang masuk dalam kategori terbaik untuk tahun ... Selengkapnya

UV Filter lensa kamera DSLR

UV Filter lensa kamera DSLRSering timbul pertanyaan diantara pehobi fotografi, terutama pehobi fotografi pemula, apakah lensa kamera DSLR ... Selengkapnya

7 Latihan fotografi praktis sehari-hari

7 Latihan fotografi praktis sehari-hariPepatah mengatakan, "Bisa karena biasa" atau kata istilah orang kulon "Practice makes more perfect" ... Selengkapnya

Kereta Merdeka atau Mati

Kereta Merdeka atau MatiPada jaman perjuangan fisik melawan para penjajah negri tercinta ini, dikenal sebuah sebutan Kereta ... Selengkapnya

15 Drone murah untuk pemula

15 Drone murah untuk pemuladunia fotografi dan videografi saat ini tengah menggandrungi sebuah alat bantu baru super canggih ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2Berbagai inovasi tak henti-hentinya dilakukan oleh berbagai produsen ponsel / hp / smartphone untuk ... Selengkapnya

Kamera kompak-saku terbaik 2015

Kamera kompak-saku terbaik 2015Kamera kompak-saku (compact-pocket camera) memang merupakan kamera yang serbaguna, ringan dan praktis untuk digunakan ... Selengkapnya

Jakarta di waktu malam

Jakarta di waktu malamPada kesempatan kali ini saya mencoba menampilkan karya foto yang sedikit berbeda dalam pengambilannya. ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015

10 Kamera ponsel terbaik 2015Sahabat BP. Berbagai jenis dan merk ponsel / hp / smartphone yang dilengkapi dengan ... Selengkapnya

10 fotografer terkaya di dunia

10 fotografer terkaya di duniaSahabat BP yang berbahagia. Dalam rangka menjelang detik-detik menyambut Tahun Baru 2015, kami hadirkan ... Selengkapnya