Social Media
Google+ Load...
Facebook Load...

Teknik photography terjun bebas

Teknik photography Terjun Bebas atau lebih dikenal dengan Skydiving photography technique sangat jauh berbeda dengan teknik photography / fotografi Dalam Air maupun teknik photography Di Darat. Ditambah dengan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini tergolong cukup mahal. Kebutuhan biaya tertinggi untuk melaksanakan kegiatan ini ada pada pembentukan kemampuan terjun bebas/skydiving.

Skydive Photography

Teknik dasar photography terjun bebas/Skydiving Photography secara umum terbagi menjadi dua bagian utama yaitu :

1. Teknik Photography khusus terjun bebas yaitu teknik menyimpan/memasang kamera pada helm khusus dengan menggunakan braket khusus yang disebut Fast release bracket dan mengaktifkannya melalui kabel remote control ke tombol shutter kamera selama terjun bebas. Pemasangan kabel/tali remote kontrol kamera di antara kaki atau perut, yang memungkinkan pengambilan gambar dapat dilakukan bahkan ketika di bawah kanopi parasut sekalipun. Eye balance synchronizing yaitu teknik sinkron mata dengan kamera yang terpasang pada helm, karena pemotretan skydive tidak menggunakan tangan untuk memegang kamera, sehingga mata kita tidak dapat melihat viewfinder/jendela bidik kamera seperti pada pemotretan bawah air atau darat.

2. Teknik terjun bebas/skydive. Keahlian Skydivers/terjun bebas dengan pengalaman dan jumlah jam terjun yang memenuhi persyaratan standard sangat mutlak dibutuhkan bagi photographer jenis pemotretan terjun bebas.
Dengan demikian seorang photographer terjun bebas selain harus mampu menghandel sistim kameranya tanpa menggunakan tangan dan mata secara langsung, juga harus sangat mampu menjadi seorang penerjun bebas yang handal. Keduanya baik teknik photography maupun teknik terjun bebas harus dikuasai dengan sangat sempurna guna mendapatkan hasil yang maksimal dan keselamatan penerjunan bebas yang tinggi.

Langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang calon photographer terjun bebas adalah :

1. Sebelum memulai semuanya anda harus memiliki dahulu lisensi terjun bebas melalui sekolah-sekolah/pendidikan terjun bebas/SkyDiving seperti AVES, USPA dlsb. Anda dapat mengambil metode terjun bebas sesuai dengan yang anda kehendaki, misalnya terjun tandem dlsb.

2. Setelah anda mendapatkan izin untuk praktek terjun bebas, mulailah dengan terjun bebas solo, dengan ditemani instruktur tentunya. hingga benar-benar anda menjadi penerjun bebas yang baik dan mendapatkan lisensi dengan level A. Untuk mendapatkan lisensi level A biasanya harus dilakukan 25 kali terjun bebas solo.

3. Untuk menjadi penerjun bebas berpengalaman, ketika terjun dengan kecepatan 120mph atau lebih, dibutuhkan beberapa literasi praktek untuk penyeimbangan dan pengendalian tubuh anda. Mike Murphy, seorang Skydiving Photographer yang sangat ahli, menyarankan agar anda melakukan minimal 200 kali terjun bebas solo sebelum melakukan pemasangan kamera skydiving pada helm anda.

4. Mendapatkan lisensi tingkat lanjutan. Meskipun anda telah menjadi skydiver yang baik, anda juga bisa mendapatkan tingkat lanjutan lisensi USPA. Persyaratan lisensi level B mencakup total setidaknya 100 penerjunan, 30 menit dari waktu jatuh bebas total, dan kemampuan untuk melakukan manuver individu (tubuh berubah, membalik dan kembali loop). anda bisa mendapatkan lisensi level C setelah melakukan 200 penerjunan, dan lisensi level D setelah melakukan 500 penerjunan.

5. Pelajari teknik Skydiving Photography lebih banyak lagi, teknik mengelola logistik kamera terjun bebas juga memerlukan keterampilan yang lebih tinggi, seiring dengan teknik umum Photography, anda juga harus menjadi mahir dalam mengoperasikan kamera tanpa menggunakan tangan atau mata. Meskipun tidak ada pusat pelatihan secara formal, anda bisa berlangganan majalah yang relevan, mencari nasihat para ahli dan melakukan latihan dengan semua peralatan yang dibutuhkan secara berkala.

Teknik photography terjun bebas

Untuk menjadi photographer terjun bebas anda harus melakukan minimal 200 kali terjun bebas, hal itu digunakan untuk mengasah seni terbang tubuh, lengan dan kaki anda pada kecepatan 120mph atau lebih. Hal ini menjadi sangat penting karena ketika anda terbang dengan slot kamera anda pada kecepatan penutupan sekitar 300mph dan ingin melakukan pengambilan gambar hal ini masih dimungkinkan walaupun setiap kontak dengan subjek dari formasi penerjun bebas lainnya akan sangat berbahaya.

Mike mengatakan teknik dasar Photography skydiving sebenarnya cukup mudah, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda tetap dituntut untuk banyak melakukan praktek/pelatihan. Secara umum pekerjaan seorang skydive photographer dalam satu rangkaian formasi terjun bebas misalnya adalah hanya terbang ke arah formasi sampai jarak yang cukup, kemudian tekan tombol remote di tangan, perut atau di kaki anda untuk mengaktifkan shutter. Mike sering juga memasang tombol remote kamera di kaki atau perutnya. Metode ini memungkinkan Mike untuk mengambil gambar yang menarik saat ia melompat dari pesawat atau ketika Mike di bawah kanopi parasut sekalipun.

Teknik photography terjun bebas

Anda juga bisa mendapatkan gambar diri sendiri saat melompat keluar dari pesawat dengan menempatkan/memasang salah satu kamera anda pada body pesawat dan mengaktifkannya saat anda melompat keluar. Karena kamera dipasang di atas kepala, Mike tidak dapat melihat langsung melalui jendela bidik/viewfinder, seperti ketika pemotretan di darat, jadi Mike memiliki penglihatan yang seimbang/simetri dengan kamera yang dipasang pada helmnya. Apa yang Mike lihat sama dengan apa yang kamera lihat. Hal itu dapat dilakukan melalui latihan sinkronisasi yang intesif. Pada umumnya lensa yang sering digunakan Mike adalah Sigma 15mm, 20mm dan sesekali 35mm.

Photo by Mike Murphy

Pada Sony, Mike selalu menggunakan lensa Converter 0.45mm. Mike suka lensa ini karena dapat melihat begitu banyak dari langit, tetapi anda harus terbang dengan jarak yang cukup dekat kepada object. Lain halnya bila anda menggunakan lensa 35mm atau lebih, anda dapat mengambil gambar dengan jarak yang lebih aman, tapi bagi Mike itu tidak menarik. Mike ingin menjadi bagian dari formasi sehingga bisa mendekat dan melihat ekspresi wajah mereka. Untuk dapat melakukan hal itu dengan aman perlu banyak pengalaman dalam skydiving.

Pada dasarnya kepala Mike berfungsi sebagai tripod, oleh karena itu penting bagi Mike harus terus tetap stabil selama terjun bebas. Selain itu Mike juga harus men-set kecepatan rana, f-stop dan juga tetap fokus pada daratan tentunya.
Lensa Wide-angle dapat memberikan depth-of-field (DOF) yang baik, sehingga fokus hanya diperlukan ketika pemotretan close-up. Bila perlu, Mike bisa mengubah f-stop dengan tangan selama terjun bebas, karena Mike tahu persis setting f-stop apa yang harus digunakan dalam kondisi cahaya yang berbeda.

Photo by Mike Murphy

Melihat setiap elemen object, Mike berpikir tidak ada yang lebih baik dari langit. Ia melihat hal itu sebagai salah satu studio photo terbesar di bumi dan selalu menemukan hal menarik dan spektakuler. Bahkan ia hanya ingat skydives karena bentuk fantastis dari awan dan warna-warna hangat dari langit, namun langit bukan fokus satu-satunya.

Pada dasarnya, seperti halnya dengan bentuk lain dari Photography, anda harus memiliki mata artistik tertentu untuk melihat angle yang baik. Bagi Mike saat pengambilan gambar terjun bebas, Mike mencari gerakan, cahaya warna, dan komposisi Aksi dengan gerakan adalah elemen merupakan penting.

Salah satu trik yang sering Mike gunakan adalah mengatur kecepatan rana menengah, 1/250 detik pada 450D dan 1/500 detik pada 10D. ini memiliki efek kabur/blur penerjunan para penerjun bebas yang menjadi object pemotretan, memberikan kesan gerakan jika Mike menggunakan 1/1000 detik atau lebih cepat. ini akan membekukan tindakan. Mike juga mencoba untuk menangkap ekspresi di wajah skydivers, sukacita, kesenangan dan kadang-kadang rasa takut yang mereka miliki selama terjun bebas Tujuan Mike sebenarnya bukan hanya untuk mengambil gambar yang bagus, tapi untuk menunjukkan kepada semua orang betapa indah dan menakjubkan taman bermain kami.

Teknik photography terjun bebas

Untuk menjadi photografer terjun bebas yang baik anda harus (tentu saja), menjadi penerjun bebas/skydiver yang baik. Menurut Mike, anda harus mengantisipasi gerakan subjek anda sehingga anda berada dalam posisi terbaik untuk mendapatkan gambar, dengan mempertimbangkan posisi matahari, langit, tanah, awan, atau kombinasi dari kesemuanya. Mike memprediksi di mana dan kapan sesuatu akan terjadi, dan ia menempatkan dirinya di posisi dimana ia dapat memastikan siap untuk shoot. Skydiving terus berkembang dan dalam rangka untuk menjaga keahliannya, Mike harus terus-menerus meningkatkan keterampilan skydiving nya dengan melakukan berbagai penerjunan dan pelatihan dalam disiplin ilmu baru lainnya.

Photo by Mike Murphy

Sky surfing/seluncur udara adalah contoh perkembangan terbaru di skydiving/terjun bebas, dan tentu saja yang paling sulit untuk diphoto. Skysurfers dapat mencapai kecepatan yang sangat tinggi. Mike harus menggunakan semua keahlian skydiving dan Photography nya hanya untuk mendapatkan gambar mereka.
Wingsuiting adalah peralatan dan teknik terbaru yang Mike dapatkan. Pemotretan ini merupakan tantangan tersendiri seperti kita bepergian melintasi langit dengan kecepatan jatuh hampir mencapai 200mph dengan tingkat jatuh dari 40mph dan bukan 120mph.

Photo by Mike MurphyPhoto by Mike Murphy

Menurut Mike, penerjunan normal dari 13,00ft memberi anda waktu terjun bebas dari tujuh puluh detik sebelum anda perlu mengerahkan parasut anda. Ketika anda sedang syuting dan shoot kompetisi waktu kerja anda hanya 35sec – bukan waktu yang lama bagi tim untuk melakukan potongan set yang diperlukan untuk kompetisi.
Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi Camera man berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Mike memasang 2 sampai 3 kamera dan flashgun pada helmnya. Favoritnya adalah Canon 10D nya seperti itu yang kuat, dapat diandalkan dan telah berlangsung selama bertahun-tahun. Mike membawa sekitar 10kg peralatan kamera di kepalanya yang mungkin terdengar seperti berat, tapi ia mengatakan “anda sepertinya tidak melihatnya dalam terjun bebas saya”.

Justru masalah hentakan dari pembukaan parasut yang menjadi beban berat pada otot leher Mike. Dan kini Mike telah memecahkan masalah itu dengan menggunakan parasut yang terbuka sangat lambat dan lembut serta dikemas dengan cara yang khusus untuk membuat pembukaan parasut lebih lambat dari biasanya.

Photo by Mike Murphy

Sangat penting juga untuk memiliki sistem cutaway yang dipasang pada helm anda guna menghindari pembukaan parasut yang buruk yang dapat menyebabkan parasut terjerat dalam peralatan kamera anda dan dapat pula menyebabkan hilangnya kamera dan peralatan anda yang sangat mahal.

Tentang Mike Murphy:

Photo by Mike Murphy

Mike Murphy melakukan terjun bebas pertamanya pada tahun 1986. Pengalaman pertamanya itu sangat luar biasa “bagaikan ruang tak berujung, kesunyian pandangan dan kebebasan total” kata Mike. Dan ketika mendarat, Mike berkata : “Wow …!, ayo kita terjun lagi!”. Sejak saat itulah Mike menjadi ketagihan terjun dan menghabiskan akhir pekannya di Pusat Skydiving Wild Geese Di Garvagh, Co Londonderry di Irlandia Utara untuk memperdalam kemampuan terjun bebasnya disamping tetap terus mempertajam kemampuan teknik photography-nya. Dan kini, selain mengendalikan parasut dan terbang dengan kecepatan lebih dari 120mph, Mike pun melakukan pemotretan terjun bebas.

Bravo Mike.

 
Sumber :
Kris Ray – eHow
Mike Murphy
The U.S. Parachute Association

Share this on : TwitterFacebookGoogle+

42 Responses to Teknik photography terjun bebas ▼

  • When some one searches for his required thing, thus he/she desires to be available that in detail, so that thing is maintained over here.

    Reply
  • Mike memprediksi di mana dan kapan sesuatu akan terjadi, dan ia menempatkan dirinya di posisi dimana ia dapat memastikan siap untuk shoot

    Reply
  • Nice post. I learn something new and challenging on sites I stumbleupon on a daily basis.

    It’s always useful to read articles from other writers and use something from their sites.

    Reply
  • Saya telah membaca begitu banyak artikel tentang topik pecinta blogger kecuali ini ayat adalah benar-benar sebuah artikel yang menyenangkan, tetap up.

    Reply
  • selama ini saya cuma melakukan hobi saya sebagai photogapher pada acara pernikahan saja, belum pernah diatas angin. perlu di coba

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih kunjungan dan suportnya kawan 😀
      Salam sukses selalu 🙂

      Reply
  • thank for info is good

    Reply
  • This piece of writing is truly a pleasant one it helps new
    web visitors, who are wishinng for blogging.

    Reply
  • Hi. Just wanted to say simply how much I appreciate the info that will be provided here.

    Reply
  • Hi. Just desired to say how much I appreciate the data that is shared below.

    Reply
  • Avatar Image
    Admin

    You can follow our twitter with hashtag @ByPhotoworks, thank you 😀

    Reply
  • Avatar Image
    Admin

    Thank you very much for your nice visit and supports my friend, Have great days ahead 😀

    Reply
  • Ketinggian: 13,00 feet
    Kecepatan: 120 mph
    Waktu: 70 detik
    … Ajiiib!

    😎

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Hahaha thanks…, coba perhatikan sob, PR di pagepost ini lebih besar dari homepage…., it’s a unique happened here isn’t it my bro ? 😀

      Reply
  • 13,000 feet 120 mph 70 detik… Ajiiib!

    😎

    Reply
  • kunjungan rutin kawan selamat beraktifitas ya

    Reply
  • Keren nie artikel nya Mas bro
    Selalu berkarya ya… Top dahh..

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih sahabat atas apresiasinya. Sukses selalu.

      Reply
  • Avatar Image
    Admin

    Terima kasih sobat Daniel, posting ini hanya merupakan tayang ulang dari pengalaman dan sharing pengetahuannya sang maestro skydive photographer sdr. Mike Murphy. Karena dirasa materinya menarik maka kami ikut share juga pengalaman beliau itu. Kami juga belum pernah merasakan bagaimana sulit dan asyiknya jadi skydive photographer sob…., biaya dan resikonya tinggi, selain butuh waktu yg sangat lama untuk jadi seperti beliau. Jadi ya kita-kita masih photo-photo didarat dulu deh hehehe…. sambil menikmati karya-karya profesional photographer lain dibidangnya. Thanks apresiasinya sahabat. Selamat menjelang Tahun Baru 2013.

    Reply
  • Avatar Image
    Andre M

    Info yg sangat menarik, terimakasih atas informasi nya.

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih kunjungannya

      Reply
  • mantep sekali gambar2 nya apalagi tulisannya keren abis ” sukses selalu “

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Terima kasih sahabat Pudi…, salam sejahtera.

      Reply
  • Boleh donk satu saat belajar dari Sobat tehnik fotography supaya jalan jalannya berkesan dengan hasil foto yang baik

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Oke siaaap Sobat …!, kita belajar bersama ya Sob, kami pun msh terus belajar untuk lebih meningkatkan teknik2 Photography secara professional. Terima kasih. Salam sejahtera.

      Reply
  • Good informasi, thanks kunjungannya

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Thanks support dan kunjungannya sob. Sukses selalu.

      Reply
  • kunjungan di hari jum’at,semoga rutinitas anda berjalan dengan lancar 😆

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Thanks kunjungannya sob…, sukses selalu ya.

      Reply
  • jadi untuk menjadi photografer terjun bebas juga harus banyak latihan dan harus ada licence,inget pas ambil foto dalam pesawat jadinya…di awang2,thanks infonya ya xD

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Betul sekali sob, sangat ga mudah jadi skydive photographer…, biaya dan risikonya tinggi. Thanks

      Reply
  • berbiaya tinggi dan beresiko tinggi

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Betul sekali sob…, gagal parasut terbuka, langsung …. menghilang, hehe. Thanks sob.

      Reply
  • hyy blogwalking sob nice share

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Thanks sob.

      Reply
  • Avatar Image
    Icahbanjarmasin

    Tekhnik fhoto yang sangat brilliant ya bang.

    Reply
    • Avatar Image
      Admin

      Hi, sob…!, Mike Murphy and the Group memang oke sob. Thanks

      Reply
  • Avatar Image
    Admin

    Hehehe…, kita tanya akhlinya aja ya… om Mike Murphy ya sob. Thanks

    Reply
  • mantap banget dah fhoto nya

    Reply
  • Hi wish a nice day you. LG Fotis from Greece 😀

    Reply
  • keren sob foto2 nya 😀

    Reply
  • Visiting You Today . How are you? Happy Sunday and all the best 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Checked to confirm * 

Recent Posts

Kamera DSLR paling aneh dan unik di dunia

Kamera DSLR paling aneh dan unik di duniaBerbagai inovasi pada kamera digital terus-menerus dilakukan oleh berbagai kalangan, baik yang dilakukan oleh ... Selengkapnya

Tips fotografi keluarga

Tips fotografi keluargaBiasanya keadaan paling sulit yang dirasakan seorang fotografer, adalah ketika ia diminta untuk melakukan ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2016

10 Kamera ponsel terbaik 2016Kembali kami meng-update artikel tentang Kamera Ponsel yang masuk dalam kategori terbaik untuk tahun ... Selengkapnya

UV Filter lensa kamera DSLR

UV Filter lensa kamera DSLRSering timbul pertanyaan diantara pehobi fotografi, terutama pehobi fotografi pemula, apakah lensa kamera DSLR ... Selengkapnya

7 Latihan fotografi praktis sehari-hari

7 Latihan fotografi praktis sehari-hariPepatah mengatakan, "Bisa karena biasa" atau kata istilah orang kulon "Practice makes more perfect" ... Selengkapnya

Kereta Merdeka atau Mati

Kereta Merdeka atau MatiPada jaman perjuangan fisik melawan para penjajah negri tercinta ini, dikenal sebuah sebutan Kereta ... Selengkapnya

15 Drone murah untuk pemula

15 Drone murah untuk pemuladunia fotografi dan videografi saat ini tengah menggandrungi sebuah alat bantu baru super canggih ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2

10 Kamera ponsel terbaik 2015 Eps.2Berbagai inovasi tak henti-hentinya dilakukan oleh berbagai produsen ponsel / hp / smartphone untuk ... Selengkapnya

Kamera kompak-saku terbaik 2015

Kamera kompak-saku terbaik 2015Kamera kompak-saku (compact-pocket camera) memang merupakan kamera yang serbaguna, ringan dan praktis untuk digunakan ... Selengkapnya

Jakarta di waktu malam

Jakarta di waktu malamPada kesempatan kali ini saya mencoba menampilkan karya foto yang sedikit berbeda dalam pengambilannya. ... Selengkapnya

10 Kamera ponsel terbaik 2015

10 Kamera ponsel terbaik 2015Sahabat BP. Berbagai jenis dan merk ponsel / hp / smartphone yang dilengkapi dengan ... Selengkapnya

10 fotografer terkaya di dunia

10 fotografer terkaya di duniaSahabat BP yang berbahagia. Dalam rangka menjelang detik-detik menyambut Tahun Baru 2015, kami hadirkan ... Selengkapnya